News

Kemenkeu Apresiasi Pemerintah Aceh Soal Penyaluran Dana Desa

Kadis DPMG Aceh, Azhari, SE, MSi. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kemeneterian Kauangan Republik Indonesia mengapresiasi empat daerah di Aceh, yakni Kabupaten Aceh Tamiang, Bener Meriah, Kota Langsa, dan Nagan Raya dalam hal dana desa.

Pemerintah Aceh mendapat apresiasi lantaran salah satu provinsi yang telah menyalurkan dana Desa pada Januari. Lebih dari satu kabupaten/kota, yakni Kabupaten Aceh Tamiang, Bener Meriah, dan Kota langsa.

Daerah itu mendapat Apresiasi sebagai kabupaten melakukan percepatan penyaluran dana Desa, dan Nagan Raya diapresiasi sebagai Kabupaten berkinerja baik dalam penyaluran dana desa tahun 2019.

“Ini sejarah baru di Aceh, Kementerian keuangan menganggap ini perubahan mendasar yang dilakukan pemerintah Aceh dan 4 Kabupaten/kota,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Azhari, di Kantor BPMG, Banda Aceh, Kamis 6 Januari 2020.

Apresiasi dalam bentuk pelakat diserahkan langsung oleh perwakilan Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Direktorat Jendral Perbendaharaan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh, saat melakukan sosialisasi penggunaan dana Desa kepada kepala Desa.

Dana desa untuk Aceh, kata dia sudah mulai disalurkan untuk sejak bulan Januari 2020 kepada 6.497 gampong di 23 Kabupaten/kota di Aceh.

Totalnya sebesar 40 persen dari Rp 5,05 Triliun. Dana tersebut dicairkan dalam 3 tahap masing-masing tahap pertama 40 persen, tahap kedua 40 persen, dan tahap ketiga 20 persen. *(ADV)

Shares: