NewsParlementaria DPR Aceh

Ketua DPRA Bangga Pemerintah Aceh dapat WTP Lagi

BANDA ACEH (popularitas.com) – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Sulaiman, mengaku bangga atas prestasi yang kembali diraih Pemerintah Aceh karena mampu mendapatkan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke empat kalinya. Rasa bangga ini disampaikan Sulaiman saat memberikan sambutan dalam rapat paripurna di DPR Aceh dengan agenda Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Aceh tahun 2018, Kamis, 23 Mei 2019.

“Kita mendorong agar prestasi itu sejalan dengan tata kelola pemerintahan yang semakin baik serta terbuka dalam menindaklanjuti hasil pemeriksaan,” kata Sulaiman.

Ia turut berterimakasih pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Aceh yang telah mencermati dan mengaudit kinerja keuangan pemerintah Aceh tahun 2018. Menurutnya BPK telah bekerja maksimal untuk mencermati, memverifikasi, mengaudit serta memberi penilaian terhadap kinerja keuangan Pemerintah Aceh dalam Tahun 2018.

Sebelumnya, Ketua DPR Aceh sempat mengemukakan rasa rindunya agar Pemerintah Aceh kembali mendapat opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Aceh tahun 2018.

“Bila tahun 2015, 2016 dan 2017 sebelumnya kita mendapat WTP, maka diharapkan untuk tahun 2018 bisa kembali mendapat predikat WTP,” katanya.

Apa yang diharapkan Ketua DPR Aceh tersebut akhirnya tercapai setelah Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI, Dr. Bambang Pamungkas, MBA., CA, Ak. memberikan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap LKPD Aceh, Tahun Anggaran 2018. LHP ini diberikan langsung oleh Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI, Dr. Bambang Pamungkas, MBA., CA, Ak. kepada Ketua DPR Aceh dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRA pada Kamis, 23 Mei 2018 pukul 14.30 WIB.

Dalam LHP tersebut, BPK memberikan Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Aceh Tahun Anggaran 2018.

“Pemerintah Provinsi Aceh telah berhasil mempertahankan Opini WTP sejak TA 2015 atau empat kali berturut-turut memperoleh Opini WTP. Prestasi ini akan menjadi momentum untuk lebih mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah, sehingga akan menjadi kebanggaan bersama yang patut dipertahankan,” kata Bambang Pamungkas usai memberikan LHP.*(ADV)

Shares: