Edukasi

Ketua PGRI Aceh Besar terima anugerah pejabat publik literasi dari FIM

Ketua PGRI Aceh Besar terima anugerah pejabat publik literasi dari FIM
Ketua PGRI Aceh Besar Agus Jumaidi, saat terima penghargaan pejabat literasi publik dari Forum Indonesia Menulis (FIM), Sabtu (24/2/2024) di Banda Aceh. FOTO : PGRI Aceh Besar

 

POPULARITAS.COM – Forum Indonesia Menulis (FIM) berikan penghargaan pejabat publik literasi, kepada Ketua PGRI Aceh Besar Agus Jumaidi. Anugerah tersebut diberikan dalam satu acara yang dilangsungkan, Sabtu (24/2/2024) di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh.

Selain Ketua PGRI Aceh Besar, sejumlah pejabat yang juga menerima penghargaan serupa adalah, Pj Gubernur Aceh, Pj Walikota Langsa, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Kadisdikbud Langsa, dan Kadisdikbud Aceh Timur.

Acara penganugerahan pejabat literasi publik tersebut, dikemas dalam  Wisata Literasi Nasional Tahun 2024 dengan rangkaian seminar, launching buku, dan deklarasi literasi yang diadakan oleh Ikatan Guru Inspirator Literasi Provinsi Aceh.

Seminar diisi oleh Coach Aswan dengan judul Creative Literacy dan Dik Doank dengan judul Teacher Love Booster. Wisata Literasi Nasional Tahun 2024 dibuka oleh Pj Gubernur Aceh, yang diwakili oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dr Edi Yandra. 

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Edi Yandra, Pj Gubernur Aceh,  memberikan apresiasi yang tinggi kepada Ikatan Guru Inspirator Literasi Provinsi Aceh yang telah menginisiasi kegiatan ini dan juga kepada kepala sekolah serta dewan guru yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. “Literasi merupakan salah satu kunci untuk kemajuan bangsa. Masyarakat yang memiliki literasi yang tinggi akan memiliki wawasan yang luas dan keterampilan berpikir kritis sehingga mampu berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa, “harapnya.

Wisata Literasi Nasional Tahun 2024 ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat Aceh.  Deklarasi literasi merupakan bentuk komitmen bersama untuk mendukung dan bergotong-royong dalam meningkatkan literasi daerah.  “Untuk itu, mari kita bersama-sama menjadikan Aceh sebagai provinsi yang cerdas dan berbudaya melalui literasi, “pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Aceh Besar, Agus Jumaidi, mengucapkan terima kasih kepada FIM yang memberikan anugerah pejabat publik literasi. “Terima kasih juga kami ucapkan  kepada para kepala sekolah, guru penulis, dan  seluruh stakeholder yang telah menggerakkan literasi di Aceh Besar, “katanya.

“Semoga dengan anugerah  ini membuat kita semakin giat lagi dalam menjalankan program penguatan literasi di setiap jenjang dan pendidikan, “pungkas Agus Jumaidi.

Editor : Hendro Saky

Shares: