KesehatanNews

Kiat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi udara

Ilustrasi kulit wajah yang sehat. (ANTARA/Shutterstock)

POPULARITAS.COM – Dokter spesialis kecantikan dari klinik NMW dr. Nataliani Mawardi mengingatkan betapa pentingnya untuk melindungi dan merawat kulit dari paparan sinar matahari dan polusi.

“Dalam situasi seperti ini, terpaan sinar matahari yang begitu menyengat dan hantaman polusi udara, hampir bisa dikatakan mendesak bagi kita yang beraktivitas penuh untuk menyadari pentingnya perawatan dan perlindungan kulit dan tubuh agar dapat melindungi diri dari dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh sinar matahari dan udara buruk yang berlebihan,” kata Nat, panggilan Nataliani, dikutip dari laman Antara, Sabtu (30/9/2023).

Nat menambahkan perlindungan dan perawatan kulit yang utuh meliputi perlindungan dan perawatan sebelum, saat dan setelah beraktivitas di luar ruangan, khususnya di masa terpaan matahari paling masif. Dia menganjurkan tidak beraktivitas luar ruang di saat matahari bersinar paling terik, sekitar jam 10 pagi hingga jam 2 siang.

Perawatan dan perlindungan kulit sebelum beraktivitas luar ruang meliputi menggunakan pelindung tabir surya atau sunscreen atau bahkan sunblock bila diperlukan.

“Sunscreen dapat menyerap ke kulit kita, melindungi dari dampak buruk UVA dan UVB, sementara sunblock mampu memantulkan sinar matahari dari kulit. Kita harus bersyukur menjadi orang Indonesia, tinggal di negara tropis dengan kulit yang gelap ini ada maksud baiknya. Kulit coklat atau gelap memiliki kadar melanin tinggi sehingga terlindungi dengan baik dari sinar matahari dengan memecah pembentukan pigmentasi,” ujar Nat.

Selain itu juga penting untuk memiliki kebiasaan menjalani gaya hidup sehat seperti menjaga hidrasi tubuh dengan cukup minum air putih dan memastikan asupan nutrisi baik seperti buah dan sayur.

Perlindungan juga penting pada saat aktivitas luar ruang, khususnya ketika mengalami terpaan sinar matahari yang menyengat. Selain menggunakan sunscreen, pastikan juga untuk menggunakan pelindung tambahan seperti pakaian berbahan nyaman yang menutupi kulit, topi atau payung.

Pada akhir hari, setelah kembali ke rumah, perawatan paling mendasar adalah mandi dan mencuci wajah. Perawatan mendasar bisa meliputi penggunaan sabun khusus wajah, toner, pelembab dan serum.

Nat menyarankan setelah mencuci wajah dan menggunakan toner, gunakan serum vitamin C atau kandungan lainnya yang berfungsi menghidrasi dan melindungi kulit dari radikal bebas seperti polusi. Setelah serum, gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit.

Shares: