HeadlinePileg dan Pilpres 2019

KIP Aceh: 90 Persen Logistik Pemilu Sudah di Daerah

Ilustrasi logistik pemilu | Foto: Detik.com

BANDA ACEH (popularitas.com) – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh belum menemukan kendala berarti dalam penyaluran logistik. Hingga Jumat, 29 Maret 2019, pihak KIP bahkan sudah menyalurkan 90 persen surat suara ke KIP Kabupaten Kota di seluruh Aceh.

“Sampai hari ini (Jumat-red) sudah sudah 90 persen logistik yang disalurkan ke daerah-daerah. Sementara untuk hambatan belum ada sampai sekarang. Alhamdulillah masih aman-aman saja,” kata Kepala Divisi Perencanaan Keuangan dan Logisitik, Ranisah, SE, Jumat, 29 Maret 2019.

Dia juga memastikan logistik pemilu yang dikirim ke daerah-daerah, termasuk kabupaten terdampak banjir di Aceh, dalam kondisi aman. Hal ini disebabkan surat suara dan formulir serta logistik Pemilu dibungkus sedemikian rupa dengan kantung plastik, sebelum dimasukkan ke dalam kotak suara.

Dari pandangan Divisi Logisitik KIP Aceh, Ranisah memastikan belum menemui hambatan sama sekali dalam penyaluran setiap logistik Pemilu termasuk ke daerah-daerah terpencil dan kepulauan. Lagipula, menurutnya, KIP Aceh turut bekerjasama dengan beberapa institusi keamanan seperti Pol Airud dalam penyaluran logistik ke daerah kepulauan, termasuk ke Pulo Aceh.

“Tidak ada kendala. Jadi, sejauh ini belum ada halangan berarti. Daerah-daerah yang jauh pun udah kita lakukan pemetaan. Intinya hingga saat ini sudah 90 Persen logistik Pemilu disalurkan ke kabupaten kota, dan yang belum sudah dimasukkan dalam kotak (tinggal penyaluran),” pungkas Ranisah.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Ery Apriyono SIK, menyebutkan pihaknya masih mengandalkan pasukan organik yang ada di Aceh untuk pengamanan Pemilu 2019 ini. Dia bahkan mengatakan Mapolda Aceh belum merencanakan adanya penambahan pasukan.

“Kondisi (Aceh) masih aman. Mudah-mudahan tidak terjadi gejolak, karena pada saat gelar apel pasukan kan Aceh masih aman kan,” kata Ery.*(BNA/JAP)

Shares: