KIP Aceh buka pendaftaran Parlok peserta Pemilu 2024

POPULARITAS.COM  Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, buka pendaftaran partai politik lokal (parlok) sebagai calon peserta Pemilu 2024. Kegiatan itu akan berlangsung pada 1-14 Agustus 2022.

Hal tersebut disampaikan Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri, saat konferensi pers yang dilakukan di kantor penyelenggara pemilu itu di Banda Aceh, Jumat (29/7/2022).

“Pendaftaran itu Parlok peserta pemilu 2024 dibuka 14 hari, terhitung sejak tanggal 1 sampai 14 Agustus 2022,” katanya.

Namun, katanya lagi, sebelum mendaftar, setiap partai lokal wajib terlebih dahulu terdaftar dalam sistem aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Saat ini, sambungnya lagi, dari 17 parlok di Aceh, Hanya 8 partai lokal yang sudah terdata dalam aplikasi tersebut.

Dari 8 partai lokal yang terdaftar dalam Sipol, keseluruhannya telah mengunggah data dan dokumen yang dipersyaratkan, terangnya kemudian.

Adapun dokumen persyaratan yang harus dipenuhi yakni surat pendaftaran parlok yang ditandatangani pimpinan, memiliki kepengurusan lengkap minimal 2/3 kabupaten/kota dan Aceh, memiliki kepengurusan lengkap minimal 2/3 dari jumlah kecamatan dalam setiap kabupaten/kota, memiliki kartu keanggotaan, serta memperhatikan keterwakilan perempuan sekitar 30%, memiliki rekening koran, dan terdaftar di Kanwil Kemenkumham Aceh.

Namun demikian, Syamsul berharap bagi partai lokal yang belum mendaftar agar segera mendaftar.

“Kita berharap kepada partai politik agar menggunakan waktu pertama, jangan menggunakan waktu terakhir. Karena nanti jika ada dokumen yang kurang, akan sulit diperbaiki,” jelasnya.

Apabila parlok mendaftar di waktu terakhir, lanjut Syamsul itu akan menjadi masalah, karena data yang salah tidak dapat diperbaiki lagi.

“Oleh karenanya, kami sudah menyediakan tempat disini, langsung daftar, nanti apabila ada yang kurang bisa langsung diperbaiki, Karena kami berharap semua partai lokal bisa mengikuti pemilu 2024,” tuturnya.

 

Editor : Hendro Saky

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.