News

KIP Banda Aceh temukan 203 lembar surat suara rusak

Unsur Forkopimda Kota Banda Aceh meninjau Gudang Logistik KIP Banda Aceh, Rabu (10/1/2024). (Hafiz Erzansyah/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh menemukan sebanyak 203 lembar surat suara untuk pemilihan DPR RI pada Pemilu 2024 dalam kondisi rusak.

Ketua KIP Kota Banda Aceh, Yusri Razali, dikutip dari laman Antara, Kamis (11/1/2024) mengatakan saat ini proses penyortiran dan pelibatan surat suara Pemilu 2024 masih berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

“Dari laporan yang kami terima ada sebanyak 203 surat suara untuk pemilihan DPR RI yang rusak. Sedangkan jumlah surat suara untuk pemilihan DPR RI dalam kondisi baik dan sudah dilipat sebanyak 173.881 lembar,” katanya.

Penyortiran dan pelibatan surat suara Pemilu 2024 yang dilakukan KIP Kota Banda Aceh dimulai sejak Minggu (7/1) dan dijadwalkan berlangsung selama 10 hari. Proses penyortiran dan pelibatan dipusatkan di Gedung Garuda Theatre, Kota Banda Aceh.

Komisi penyelenggaraan pemilihan umum termasuk melibatkan 180 petugas untuk proses penyortiran dan pelibatan surat suara. Total jumlah surat suara yang disortir dan dilipat sebanyak 863.970 lembar untuk lima jenis pemilihan, yakni DPR RI, DPD RI, DPR Aceh, DPR Kota Banda Aceh, dan pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden.

Yusri Razali mengatakan kriteria surat suara rusak di antaranya ada tinta yang menghilangkan nama dan logo partai politik, termasuk menutup nama calon legislatif. Selain itu, ada lubang pada nama dan logo maupun nama calon.

“Surat suara yang rusak tersebut nantinya dikumpulkan untuk dimusnahkan. Kami juga menyampaikan ke KPU RI berapa jumlah surat suara yang rusak. Apabila ada kekurangan jumlah surat suara, kami meminta penambahan ke KPU RI,” kata Yusri Razali.

Shares: