NewsPolitik

KIP Langsa tetapkan 378 caleg Pemilu 2024

Ketua KIP Kota Langsa, Ridwan. Foto: IP

POPULARITAS.COM – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa menetapkan 378 calon legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kota setempat untuk Pemilu 2024 mendatang.

Penetapan tersebut dilakukan dalam rapat pleno KIP Kota Langsa, Jumat (3/11/2023) pukul 15.00 Wib, di kantor KIP setempat.

Hadir dalam rapat penetapan tersebut, Ketua KIP Kota Langsa Ridwan ST beserta anggota masing-masing Bahtiar, Iqbal Suliansyah, Muhammad Al Fadhal MSi dan Fauzan Rizal SPd I serta Sekretaris KIP Kota Langsa Muhammad Dahlan SSos I dan Kasubag Teknis KIP Kota Langsa Mahyanuddin SH.

Ketua KIP Kota Langsa, Ridwan mengatakan, 378 caleg yang ditetapkan tersebut setelah melewati proses pencermatan DCT dan dipastikan telah memenuhi syarat sebagai caleg Pemilu 2024 mendatang.

Berdasarkan tahapannya, hari ini kita lakukan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) peserta calon legislatif DPR Kota Langsa untuk Pemilu 2024 dalam pleno.

“Hasil penetapan kita umumkan ke publik melalui media masa pada Sabtu, 4 November 2023,” ujar Ridwan.

Dijelaskannya, 378 caleg tersebut representatif 17 partai politik dari 24 partai politik peserta Pemilu yang mengikuti Pemilu 2024 mendatang.

Sementara 7 partai lainnya tidak mendaftarkan caleg untuk DPR Kota Langsa masing-masing Partai Buruh (6), Partai Kebangkitan Nusantara (9), Partai Garuda (11), Partai PSI (15), Partai Perindo (16), Partai GABTHAT (19) dan Partai UMMAT (24).

Lanjutnya, pada awalnya saat penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) jumlah bakal calon legislatif (bacaleg) yang mendaftar sebanyak 381 Bacaleg.

Namun setelah melewati masa pencermatan DCT, 3 bacaleg ditarik pencalonannya oleh partai bersangkutan.

Dan Alhamdulillah untuk tahapan penetapan DCT Pemilu legislatif DPR Kota Langsa pada Pemilu 2024 mendatang telah selesai kita lakukan.

“Semoga Pemilu serentak 2024 untuk Presiden dan Wakil Presiden serta DPR, DPD, DPR Provinsi dan DPR Kabupaten/Kota berjalan sukses dan damai,” kata Ridwan.

Shares: