News

KIP tetapkan DPS di Lhokseumawe sebanyak 134.255 pemilih

Partai Adil Sejahtera Aceh daftarkan sengketa pemilu ke MK
Pemilu 2024. Foto: ANTARA

POPULARITAS.COM – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe, Aceh, menyatakan daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu 2024 di daerah itu sebanyak 134.255 orang.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KIP Lhokseumawe Mulyadi menyebutkan jumlah pemilih tersebut tersebar di 68 desa dan empat kecamatan di Kota Lhokseumawe.

“DPS tersebut sudah ditetapkan dalam rapat pleno terbuka KIP Kota Lhokseumawe dengan jumlah 134.255 orang, terdiri atas 65.167 laki-laki dan 69.088 perempuan,” kata Mulyadi, dikutip dari laman Antara, Jumat (7/4/2023).

Menurut Mulyadi, daftar pemilih sementara tersebut merupakan hasil pencocokan dan penelitian (coklit) pada tanggal 12 Februari hingga 14 Maret 2023. Hasil coklit tersebut juga sudah ditetapkan secara berjenjang oleh penyelenggara pemilu

“Dari hasil coklit tersebut juga didapat 492 tempat pemungutan suara (TPS). Masing-masing TPS maksimal 300 pemilih. Jumlah pemilih sementara tersebut masih bergerak, bisa bertambah ataupun berkurang hingga penetapan daftar pemilih tetap (DPT),” kata Mulyadi.

Selanjutnya daftar pemilih sementara di Kota Lhokseumawe tersebut dimasukkan ke sistem informasi data pemilih (sidalih) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Selain itu, DPS tersebut juga diumumkan kepada masyarakat di kantor desa. Masyarakat bisa mengecek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2024 atau belum.

“Jika belum terdaftar, segera melaporkan kepada petugas penyelenggara pemilu setempat. Begitu juga apabila terdaftar ganda, segera melaporkan untuk perbaikan,” kata Mulyadi.

Pemilu 2024 meliputi Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilu anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten/kota.

Pemungutan suara pemilu anggota legislatif dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu anggota legislatif tersebut digelar serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI.

Shares: