News

KMP Aceh Hebat 3 kembali layani penyebrangan Singkil-Pulau Banyak usai docking

KMP Aceh Hebat 3 kembali layani jalur penyebrangan Singkil-Pulau Banyak usai menjalani aktivitas perawatan rutin atau docking. Hal tersebut disampaikan oleh Nakhoda kapal tersebut, Capt Laode Mat Salim.
KMP Aceh Hebat 3 kembali layani penyebrangan Singkil-Pulau Banyak usai docking
Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT bersama Forkopimda Aceh Singkil dan Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Junaidi, ST, MT meninjau KMP Aceh Hebat 3 yang bersandar di Pelabuhhan Aceh Singkil, Senin, (5/7/2021).

POPULARITAS.COM – KMP Aceh Hebat 3 kembali layani jalur penyebrangan Singkil-Pulau Banyak usai menjalani aktivitas perawatan rutin atau docking. Hal tersebut disampaikan oleh Nakhoda kapal tersebut, Capt Laode Mat Salim.

Dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/11/2021), Capt Laode Mat Salim menjelaskan, KMP Aceh Hebat 3 sempat berhenti operasi sejak tanggal 18 Oktober 2021 silam dikarenakan tengah menjalani perawatan rutin tahunan.

Docking tahunan merupakan proses yang wajib dilakukan sesuai dengan regulasi, sebagai syarat wajib agar kapal memenuhi persyaratan operasional pelayaran, terangnya.

Aktivitas docking juga untuk memastikan kondisi kapal tetap dalam keadaan baik selama beroperasi.

Hal ini dilakukan tentu saja untuk menjamin keselamatan penumpang, sebagai pengguna jasa, saat kapal berlayar.

“Alhamdulillah, kondisi kapal dan mesin bagus, makanya kita kembali ke lintasan,” katanya.

Sebelum kembali beroperasi telah dilakukan serangkaian pengujian untuk memenuhi persyaratan operasional pelayaran, kapal Aceh Hebat 3 juga melaksanakan sea trial yang diawasi oleh Marine Inspector dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah I Aceh pada Jumat, 19 November.

Sea trial meliputi pemeriksaan dan pengujian alat keselamatan, navigasi, performa mesin, dan Syarat Pelayanan Minimum (SPM).

Rangkaian pengujian juga melibatkan petugas dari Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Cabang Belawan Sumatera Utara, pihak BKI meneliti kembali berbagai dokumen kapal. Pemeriksaan ini sebagai prosedur wajib yang harus dilalui sebelum kapal kembali beroperasi setelah docking.

Selama kapal Aceh Hebat 3 docking, periode awal November, banyak masyarakat yang menanyakan kapan kapal kembali beroperasi. Hal ini menunjukkan animo masyarakat yang terus meningkat untuk berlayar dengan kapal tersebut dan lebih nyaman saat kondisi cuaca penghujan di penghujung tahun. 

Editor : Hendro Saky

Shares: