EkonomiNews

Kodam IM panen jagung perdana seluas 64 hektar

Kodam IM panen jagung perdana seluas 64 hektar
Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah Iskandar Muda Ny. Iin Novi Helmy Prasetya, saat panen jagung perdana lewat program I'M Jagong seluas 3 ribu hektar di Gampong Ulee Geudong, Sawang, Aceh Utara, Sabtu (23/9/2023). FOTO : Kapendam IM

POPULARITAS.COM – Jajaran Kodam Iskandar Muda (IM), panen jagung perdana seluas 64 hektar dari program 3 ribu hektar yang di canangkan. Kegiatan tersebut dipusatkan di Gampong Ulee Geudong, Sawang, Aceh Utara, Sabtu (23/9/2023).

Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya mengatakan, pihaknya telah mencanangkan program kegiatan I’M Jagong dengan membuka lahan seluas 3 ribu hektar yang tersebar di Aceh Utara, Aceh Barat dan Aceh Besar.

Penanaman jagung telah dilakukan sejak Mei 2023 dengan masa tanam empat bulan. Alhamdulillah, saat ini sudah bisa di panen seluas 64 hektar, tambahnya.

Prakarsa menanam jagung lewat program I’M Jagong yang dilaksanakan pihaknya, tidak terlepas dari wujud kontribusi TNI dalam menjaga kedaulatan pangan dan sekaligus mengantisipasi potensi kekurangan makanan akibat dampak dari El Nino.

Lebih lanjut, Pangdam IM menyampaikan bahwa Jagung merupakan salah satu tanaman pangan strategis yang memiliki peran penting dalam ketahanan pangan dan keberhasilan ekonomi wilayah Provinsi Aceh. Pangdam IM juga menuturkan bahwa Pertanian merupakan salah satu sektor penting guna menopang perekonomian Nasional.

Pangdam IM menambahkan bahwa program I’M Jagong ini juga dalam rangka mendukung program Pemerintah yang berupaya mewujudkan Swasembada Pangan di Republik Indonesia. Dengan demikian jajaran TNI khususnya Kodam Iskandar Muda sebagai salah satu Komponen Bangsa juga memiliki tugas dalam membantu Pemerintah, termasuk dalam upaya memperkuat Ketahanan Pangan Nasional.

“Saya berharap agar kegiatan Panen Jagung Perdana Secara Serentak ini, betul – betul dapat menyentuh perbaikan kehidupan masyarakat guna mewujudkan perekonomian yang lebih kuat sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik lagi”. Tutup Mayjen TNI Novi Helmy.

Selanjutnya Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P. menyerahkan bibit dan pupuk secara simbolis kepada perwakilan kelompok Tani. Pada Kesempatan tersebut, Pangdam IM bersama-sama dengan masyarakat dan kelompok tani, memanen jagung secara manual, dan menggunkan mesin panen Jagung yang berupa Combined Tractor harvester yang berfungsi memotong, memisahkan Jagung dari kulit dan sekaligus memipil jagung.

Program Ketahanan Pangan I’M Jagong ini dilaksanakan secara berkelanjutan penanaman nya di seluruh Wilayah Kodam IM, dengan harapan tercipta Hilirisasi Industri

Editor : Hendro Saky

Shares: