HukumNews

Komnas HAM Upayakan Uji Balistik Penembakan Laskar FPI Terbuka dan Transparan

POPULARITAS.com – Komnas HAM akan melakukan uji balistik terhadap barang bukti yang ditemukan terkait insiden penembakan 6 anggota Laskar FPI. Komnas HAM  mengaku mengupayakan pengujian dilakukan secara terbuka dan transparan.

“Ini semua masih membutuhkan uji balistik, kami sedang mengupayakan uji balistiknya sifatnya terbuka dan transparan, akuntabel yang paling penting,” kata Ketua Tim Penyelidikan Komnas HAM Choirul Anam, dalam konferensi pers di kantor Komnas HAM Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (28/12/2020).

Anam mengatakan, salah satu barang bukti yang akan dilakukan pengujian yaitu bagian mobil. Menurutnya, terdapat bagian mobil yang identik secara kasat mata, namun sisanya perlu dilakukan pengujian.

“Bagian mobil sangat banyak, ini juga akan kita uji. Karena secara kasat mata pada saat pemeriksaan mobil itu ada sebagian kecil yang identik banget, tapi ada yang lain harus dipastikan,” kata Anam.

“Identik itu pengertiannya, identik kasat mata bukan identik ilmiah uji labfor dan sebagainya,” sambungnya.

Selain bagian mobil, Komnas HAM juga menemukan bukti proyektil dan selongsong. Anam menyebut pengujian secara terbuka dan transparan, agar hasil yang dihasilkan mudah diakses dan menimbulkan kerangka peristiwa yang terjadi.

“Apa itu, ya kalau bisa diakses dan sebagainya itu akan membuat kerangka peristiwa. Jadi ini (barang bukti) kami temukan di beberapa titik, tidak satu titik tapi di beberapa titik,” kata Anam. (detik.com)

 

Shares: