HeadlineNews

Kondisi Belum Aman, Bupati Aceh Tengah Imbau Warga Segera Mengungsi

Banjir Bandang di Aceh Tengah 57 Rumah Rusak
Banjir Bandang di Aceh Tengah. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar mengingatkan warga yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Kebayakan, kabupaten tersebut untuk segera mengungsi. Hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi banjir bandang susulan.

“Warga sudah kita ingatkan segera mengungsi, kita siapkan tempat. Kita imbau segera mengungsi bisa ke SD dan meunasah yang sudah disiapkan,” kata Shabela kepada wartawan, Rabu, 13 Mei 2020 sore.

Ia menjelaskan, pasca banjir, pihak terkait di Pemkab Aceh Tengah langsung turun ke lokasi dan menyiapkan tempat penampungan sementara kepada korban. Di sini, warga yang mengungsi diberikan fasilitas dapur umur, tempat tidur dan lain-lain.

“Ada beberapa rumah yang tedampak, mungkin 11 KK ya, kita siapkan dapur umum, tempat tidur dan lain-lain,” sebut Shabela.

Hingga saat ini, Shabela belum bisa merincikan berapa jumlah kerugian akibat banjir tersebut. Demikian juga dengan jumlah warga yang terdampak.

“Kerugian belum terdata, kalau secara kasat mata ada 3 mobil yang terdampak, dan 11 rumah,” jelas dia.

Diberitakan sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tengah masih melakukan pendataan terkait dampak dari banjir bandang yang melanda Desa Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan, kabupaten setempat pada Rabu, 13 Mei 2020.

Staf Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (Pusdatin BPBA), Haslinda Yuwita mengatakan, hingga pukul 17.14 WIB, petugas BPBD Aceh Tengah sudah menurunkan alat berat untuk membersihakan poing-poing sisa banjir.

“BPBD Aceh Tengah sedang melakukan penanganan dan menurunkan alat berat,” kata Haslinda dalam keterangan kepada wartawan di Banda Aceh, Rabu, 13 Mei 2020 sore.

Ia menjelaskan, banjir yang menerjang Desa Paya Tumpi, Aceh Tengah terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Hal ini diakibatkan oleh hujan deras yang mengguyur kawasan itu.

“Dampak material akibat banjir bandang masih dalam pendataan. Korban terdampak juga masih dalam pendataan,”pungkasnya. []

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: