KPT dan Kajati Aceh bahas penanganan perkara pidana

POPULARITAS.COM – Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Banda Aceh, Suharjono yang baru beberapa hari bertugas di Aceh bersilaturahmi dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Aceh, Bambang Bachtiar di gedung kejati setempat, Rabu (7/9/2022).

Dalam pertemuan itu, Bambang Bachtiar didampingi para asisten Kejati Aceh. Kedua tokoh penting penegakan hukum di Aceh saat ini secara akrab mendiskusikan perihal yudisial terkait penanganan perkara pidana.

“Terima kasih Pak KPT beserta pejabatnya telah berkenan berkunjung ke kantor kami,” kata Bambang dalam keterangannya, Kamis (8/9/2022).

Selain silaturahmi dengan Kajati Aceh, di hari yang sama KPT Banda Aceh, Suharjono juga silaturahmi dengan Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki di pendopo gubernur setempat.

Achmad Marzuki menyambut baik kehadiran KPT dan rombongan. Mantan Pangdam Iskandar Muda ini pun menceritakan pengalamannya selama bertugas di daerah ujung barat Sumatra itu.

“Jika kita nikmati terasa menyenangkan bertugas di Aceh. Saya sudah empat kali tugas di sini. Semoga Pak Suharjono merasa aman, nyaman dan menyenangkan selama bertugas di Aceh,” kata Achmad Marzuki.

Dia menyampaikan bahwa masih banyak permasalahan yang perlu ditangani bersama di Aceh, seperti kemiskinan, kesehatan (stunting), pendidikan, narkoba, dan lain-lain.

“Tolong kami dibantu sesuai tupoksi masing-masing iya Pak KPT,” ujar Achmad Marzuki.

Menyahuti ajakan Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, KPT Banda Aceh, Suharjono menyatakan siap berkordinasi sesuai kewenangannya.

Ia menjelaskan bahwa Pengadilan Tinggi (PT) Banda Aceh saat ini membawahi 22 Pengadilan Negeri (PN) se-Aceh. Hampir semua kabupaten/kota sudah ada PN, kecuali Subulussalam.

“Rata-rata pertahun kami menangani perkara pada tingkat banding mencapai 678 perkara, yang terdiri perkara pidana, perkara perdata, tipikor, dan perkara pidana anak,” ujar Suharjono, putra Yogjakarta yang saat ini memimpin peradilan umum se-Aceh.

Comments
Loading...