News

Lab Uji Covid-19 di RSUCM Aceh Utara Belum Difungsikan, Kendala Ruangan

Lab Uji Usap RSUCM Aceh Utara Mulai Difungsikan
Tim medis RSUCM Aceh Utara sedang melakukan, uji dilaboratorium. popularitas.com | Riskita

LHOKSEUMAWE (popularitas.com) – Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara sudah memiliki laboratorium reverse transcription polymerase chain reaction (RT-PCR) untuk menguji sampel swab Covid-19.

Humas RSUCM Aceh Utara, Jalaluddin mengatakan, laboratorium tersebut belum dapat difungsikan, karena ruangan khusus masih dalam tahap perbaikan.

“Karena ini penanganan virus corona maka rehap ini kita persiapkan harus benar-benar memenuhi standart WHO atau Labkes, kemungkinan laboratorium ini rencananya akan beroperasi pada minggu depan setelah selesai pembenahan,” kata Jalaluddin, Selasa (21/7/2020).

Kata Jalaluddin, sebelumnya RSUCM Aceh Utara mengirim sampel swab ke Litbangkes Provinsi Aceh. Sehingga membutuhkan waktu tiga hari untuk mengetahui hasil uji laboratorium. Dengan beroperasinya laboratorium RT-PCR uji usap Covid-19 bisa mendapatkan hasil dalam jangka waktu satu sampai dua jam.

Selain itu RSUCM telah menerima bantuan dari Kemeterian Kesehatan berupa catrige PCR sebanyak 160 unit beserta mesin, tak hanya itu untuk mendukung operasional laboratorium, pihak rumah sakit itu sudah memiliki tiga dokter spesialis patologi klinik, analis gizi, serta sumber daya manusia pendamping lainnya.

“Untuk sementara ini alat catrige terbatas, maka pihak rumah sakit hanya uji swab di lab ini diberikan untuk pasien rujukan, tidak untuk pasien uji test mandiri, kita berharap kedepan bisa bisa melakukan tes swab juga terhadap pasien uji test mandiri juga,” tutupnya.[acl]

Reporter: Riskita

Shares: