Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehFeature

Lima destinasi wisata di Aceh Besar yang cocok untuk liburan lebaran

Ilustrasi, objek wisata Pantai Lampuuk, Aceh Besar. Foto: Riska Z/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Menjadi daerah yang kaya akan destinasi wisata yang menarik wisatawan, Provinsi Aceh menyediakan ragam jenis wisata yang unik mulai dari wisata bahari, wisata alam, bahkan wahana air.

Tentu saat libur Lebaran, menjadi salah satu moment penting untuk mengunjungi berbagai wisata dengan keluarga tercinta. Maka tak heran sejumlah wisata yang berada di berada di wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dipadati pengunjung.

Saat libur Lebaran, kota Banda Aceh cenderung sepi, karena banyaknya masyarakat yang melakukan mudik ke kampung halaman sehingga membuat akses lalu lintas terlihat lengang.

Namun tak berbeda dengan wilayah Aceh Besar, meskipun banyak masyarakat yang melaksanakan Lebaran ke luar wilayah, wilayah ini tampak tidak sepi sehingga masyarakat memilih untuk berwisata.

Berikut lima destinasi wisata yang ada di Aceh Besar yang telah dirangkum oleh popularitas.com saat hari raya Idulfitri 1444 Hijriah.

1. Wisata Pantai Lampuuk, Babah Dua

Wisata bahari ini menjadi rekomendasi yang sangat cocok bagi wisatawan yang hendak berlibur bersama keluarga. Keindahan serta panorama air laut yang memancar selalu memukau minat wisatawan lokal hingga mancanegara.

Wisata lampuuk ini saban hari dikunjungi pengunjung, namun saat libur akhir pekan dan liburan Lebaran seperti ini membuat masyarakat selalu memadati wisata itu.

Ragam kuliner dijajakan di sana, mulai dari makanan Aceh hingga western food. Sangat menarik bukan? Masyarakat Banda Aceh dan Aceh Tentu tentu tidak asing dengan wisata tersebut.

2. Wisata Pantai Riting

Berjarak 28 kilometer dari pusat kota Banda Aceh, pantai ini hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk tiba ke lokasi. Pantai Riting ini menawarkan kemolekan wisata bahari dari setiap sudutnya. Berada di tepi bukit dan tersembunyi pantai ini memberikan nuansa santai yang begitu nyaman.

Meskipun tidak terlalu jauh dan tidak sepenuh pantai lampuuk, wisata ini masih sangat terbuka dan rasa alaminya masih tersaji.

Jejeran pantai yang memiliki pasir yang indah dan bersih, Pantai Riting sangat ideal dan sangat cocok dimanfaatkan untuk melepas kepenatan di akhir pekan bersama keluarga.

Hanya saja, di pantai Riting tidak terlalu banyak kuliner, wisatawan sangat disarankan untuk dapat menyediakan bekal.

3. Pantai Pasir Putih/Pantai Lhok Mee

Mendengar nama wisata yang satu ini, tentu tidak asing di telinga wisatawan. Pantai Pasir Putih Lhok Mee terletak di Lamreh, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar atau berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Banda Aceh.

Pantai Pasir Putih, Aceh Besar. Foto: Aceh Tourism

Pantai ini selalu saja dihampiri wisatawan, meskipun untuk tiba ke lokasi terbilang melelahkan, pengunjung akan tercengang dengan keindahan pancaran air laut dan terumbu karang yang mempesona.

Di sana lautnya yang tenang menjadi rekomendasikan bagi wisatawan untuk berlibur bersama keluarga. Pasalnya berbeda dengan laut pada umumnya, di pantai Pasir Putih anak-anak dapat bermain dan mandi pantai karena minim resiko terseret ombak.

Ratusan pedagang memenuhi lokasi wisata tersebut, jadi wsiatawan tak perlu takut untuk mengunjungi wisata ini saat hari libur, karena disana banyak tersedia tempat maupun pondok untuk berteduh.

4. Wisata Ilalang Park

Tak hanya terkenal dengan wisata lautnya, wilayah Aceh Besar juga menyediakan tempat wisata bergaya cafe dengan fasilitas kekinian. Menelusuri perbukutitan radar yang melalui jalan Blang Bintang, Aceh Besar wisata Ilalang Park ramai dikunjungi wisatawan.

Di sana banyak menyediakan ragam kuliner yang menggugah selera dan pastinya digemari oleh masyarakat baik muda maupun orang dewasa.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati senja dari atas bukit dan dapat menikmati panorama alam serta dapat menikmati udara yang sejuk.

Banyak spot foto yang dapat ditemui, bahkan disana juga disediakan berbagai fasilitas permainan yang dapat menguji adrenalin. Nah bagi pecinta senja, tempat ini juga sangat cocok untuk dikunjungi. Wisatawan dapat menikmati kala matahari terbenam dari atas bukit, sungguh indah bukan.

5. Wisata Air Wahana Impian Malaka

Nah bagi wisatawan yang menyukai wisata yang ekstrem namun tetap seru, Wahana Impian Malaka (WIM) menjadi jawabannya.

Berada di Desa Lam ara, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, waterboom ini menyediakan banyak fasilitas dan wahana bermain. Saat libur Lebaran seperti ini, wahana ini sangat cocok bagi orang tua untuk mengajak sikecil untuk bermain di kolam renang.

Karena kolam renang disana tak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa, juga ada kolam untuk anak-anak yang letaknya berdampingan.

Puluhan pondok-pondok yang disediakan ditepi kolam dapat membantu orang tua untuk mengawasi anak-anaknya.

Selain itu, disana juga terdapat seluncuran dengan ketinggian 25 meter hingga 96 meter yang menjadi favorit pengunjung. Maka tak heran saban hari waterboom Kuta Malaka ini ramai dikunjungi wisatawan.

Shares: