News

Longsor lumpuhkan akses jalan di Bener Meriah

Ilustrasi, longsor menutupi badan jalan di Desa Bergendal, Kecamatan Wih Pesam, kabupaten setempat, Rabu (17/11/2021). (Dok. BPBA)

POPULARITAS.COM – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bener Meriah menyebabkan longsor di tiga desa dalam dua kecamatan di kabupaten setempat. Longsor ini mengakibatkan lumpuhnya akses jalan di wilayah itu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan, tiga desa yang terdampak longsor adalah Desa Umah Besi dan Pantan Bayu, Kecamatan Gajah Putih serta Desa Tunyang, Kecamatan Timang Gajah.

“Longsor terjadi pada Senin, 22 November 2021 pukul 19.00 WIB di 3 tiga desa pada 2 kecamatan di Bener Meriah,” kata Ilyas dalam keterangannya, Selasa (23/11/2021).

Hingga jelang dini hari tadi malam, kata Ilyas, akses jalan di tiga desa itu belum dapat dilalui karena lumpuh total akibat lumpur yang mengenai badan jalan.

“Karena badan jalan masih tertimbun material longsor,” jelas Ilyas.

Pasca kejadian, kata dia,  BPBD Bener Meriah mengerahkan satu alat berat jenis Excavator untuk pembersihan material longsor yang menimbun badan jalan di wilayah Desa Tunyang, Kecamatan Timang Gajah.

Sementara untuk wilayah Kecamatan Gajah Putih, lanjut Ilyas, BPBD Bener Meriah berkoordinasi dengan PUPR setempat untuk pembersihan material longsor di wilayah Desa Pantan Bayur.

“Dan berkordinasi dengan PU Cabang 5 untuk pembersihan di wilayah Desa Umah Besi. Kondisi terakhir pukul 23.45 WIB tadi malam, akses jalan belum dapat dilalui, karena badan jalan masih tertimbun material longsor. Hujan masih melanda, sehingga diwaspadai terjadinya longsor susulan,” ujarnya.

Shares: