Luapan sungai masuk permukiman di Aceh Timur, warga mulai mengungsi

POPULARITAS.COM – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Timur mengakibatkan meluapnya sungai di wilayah itu pada Senin (31/10/2022).

Luapan yang terjadi sekitar pukul 04.15 WIB itu merendam sebanyak tiga desa di Aceh Timur. Tiga desa ini tersebar di dua kecamatan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan, tiga desa yang terendam yaitu Desa Pante Kera dan Gampong Batu Sumbang, Kecamatan Simpang Jernih.

“Selain itu banjir juga terjadi di Gampong Jering, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur,” kata Ilyas dalam keterangannya, Senin (31/10/2022).

Ia menyebutkan, banjir tersebut menyebabkan 50 KK di Gampong Pante Kera, harus mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

“Jumlah pengungsi di Gampong Pante Kera sebanyak 50 KK dan lainnya juga masih dalam pendataan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” kata Ilyas.

BPBD Kabupaten Aceh Timur, tambah Ilyas, telah berkoordinasi dengan pihak gampong, kecamatan dan instansi terkait mengenai banjir yang terjadi di daerah tersebut.

“BPBD juga telah mengerahkan personel untuk siaga di lokasi kejadian. Kondisi terakhir di lapangan air belum surut dan di Kecamatan Simpang Jernih debit air terus bertambah hingga saat ini,” ujarnya.

Comments
Loading...