News

MAA: Orang Tua Punya Peran Penting Mendidik Anak Selama Pandemi

MAA: Orang Tua Punya Peran Penting Mendidik Anak Selama Pandemi
Pengurus usai melakukan rapat rutin di Kantor MAA Banda Aceh, Kamis (3/9/2020). ANTARA/HO

POPULARITAS.COM – Majelis Adat Aceh (MAA) Kota Banda Aceh menyatakan orang tua berperan mengajarkan akhlaq yang baik kepada anak sekaligus melakukan kegiatan belajar di rumah di tengah masa pandemi COVID-19 saat ini.

“Sekarang kan sedang COVID-19, tidak ada sekolah. Artinya anak-anak belajar di rumah, dan peran orang tua yang sekaligus sebagai guru harus dominan dalam mengajarkan anaknya terutama dalam membimbing akhlaq,” kata Wakil Ketua I MAA Kota Banda Aceh, Mulyadi Thaib di Banda Aceh, Selasa (8/9/2020) dikutip dari Antara.

Ia menerangkan seperti firman Allah SWT dalam kitab suci umat muslim, yakni Al Quran bahwa Rasulullah SAW diutus sekitar 1.400 tahun yang lalu hanya untuk memperbaiki akhlaq manusia di muka bumi ini.

Artinya, lanjut dia, begitu penting akhlak dalam membimbing anak-anak sejak kecil, karena dapat menjadikan anak sukses di masa yang akan datang.

“Ketika si anak punya akhlak dan etika yang bagus, biasanya sangat menentukan untuk kesuksesan dia di masa depan,” katanya.

Menurutnya, selama ini anak-anak kurang menerapkan akhlaq yang baik ketika berinteraksi dengan sesama atau dengan orang yang lebih tua seorang anak tersebut.

“Contoh yang paling sederhana itu, saat si anak mau meminta uang sama orang tuanya yang sedang duduk bersama teman-temannya. Seharusnya si anak tidak boleh meminta secara langsung,” terang dia.

“Tetapi dipanggil dulu orang tuanya, agar (si anak) tidak meminta di tempat ramai, karena bisa jadi orang tuanya sedang tidak ada uang. Nah, kalau diminta langsung di depan teman-temannya, pasti akan menimbulkan rasa malu pada orang tuanya,” ucap Mulyadi.

MAA Kota Banda Aceh hingga kini terus berupaya melakukan sosialisasi dan memberi pemahaman warga kota melalui media massa, di antaranya radio-radio dan televisi setempat.

“Selain itu, kami juga telah mengusulkan kepada DPRK Banda Aceh serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat agar kedepan saat mata pelajaran diniah (ilmu agama) agar diperbanyak contoh praktik dan pengaplikasian akhlaq yang baik,” tambahnya.[acl]

Shares: