News

Mahasiswa Aceh juarai MTQ Internasional di Mesir

Mahasiswi Al Azhar Mesir asal Aceh, Vinniyya Lilkhabir. Foto: Dayah IQ

POPULARITAS.COM – Mahasiswi Al Azhar Mesir asal Aceh, Vinniyya Lilkhabir berhasil meraih juara pada Musabaqah Hifzil Quran Internasional Mawahib wal Qudrat yang diselenggarakan oleh Universitas Al Azhar, Cairo.

Alumni Dayah Insan Qurani itu berhasil menempati posisi pertama kategori perempuan dan posisi ke empat secara keseluruhan.

Hal itu tertuang dalam daftar lampiran pemenang musabaqah tersebut yang diumumkan Rabu (12/7/2023). Putri dari Pimpinan Dayah Insan Qurani, Muzakkir ini meraih juara pada cabang lomba hifzil quran 15 juz.

Musabaqah ini dilaksanakan pada Juni 2023 diikuti oleh pelajar asing yang belajar di Universitas Al-Azhar. Perwakilan Indonesia mendominasi pada cabang hifzil 15 juz, dari 10 nama yang keluar sebagai juara, 8 di antaranya merupakan mahasiswa asal Indonesia, dan dua mahasiswa berasal India dan Rusia. Sementara itu juara satu diraih oleh Rizqi Fahmi dari Indonesia.

Selain Vinniyya, pada Event tersebut sejumlah Mahasiswi Aceh lainnya juga menempati 10 besar, seperti Aisyah cabang 30 juz peringkat ke 8, mmMuna cabang khat hiasan mushhaf peringkat ke 6.

Pada tahun lalu (2022) Vinniyya juga berhasil meraih juara 2 nahwu sharf antar mahasiswi Indonesia se al Azhar Cairo.

Wakil Pimpinan Bidang Pendidikan dan Kerjasama Dayah Insan Qurani, Wahyuddin mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Vinniya. Menurutnya, sejak menjadi santri di Dayah Insan Qurani, Vinniya merupakan salah satu santri yang berbakat.

“Alhamdulillah, anak kita Vinniyya Lilkhabir meraih prestasi sebagai juara harapan 1 pada Musabaqah Hifzhil Qur’an antar mahasiswa asing di Universitas Al-Azhar, Mesir. Ini membuktikan kapasitasnya yang terus berkembang secara signifikan hingga mampu bersaing bahkan mengungguli peserta lainnya dari berbagai negara,” ujarnya, Jumat (14/7/2023).

Vinniyya pernah dinobatkan sebagai juara 1 Fahmil Quran tingkat MTQ Provinsi Aceh ke-XXXIV tahun 2019. Keberhasilan itu yang mengantarkannya menuju MTQ Nasional XXVIII di Provinsi Sumatera Barat tahun 2020 lalu. Vinniyya juga tercatat sebagai salah satu alumni yang telah mengkhatamkan hafalan Al-Qur’an 30 Juz semasa belajar di dayah.

Kegiatan perlombaan ini merupakan even tahunan Universitas Al-Azhar yang diikuti oleh para mahasiswa yang berasal dari berbagai negara di dunia. Selain Tahfiz Al-Qur’an, terdapat juga cabang perlombaan lainnya seperti kaligrafi, pidato bahasa asing, penulisan esai dan videografi.

Kegiatan ini sebagai sarana peningkatan intelektualitas dan bakat minat para mahasiswa baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Shares: