News

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unida Praktikum di RRI Banda Aceh

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unida Praktikum di RRI Banda Aceh
Kepala LPP RRI Banda Aceh, Harianto menyambut langsung kedatangan 20 mahasiswa Ilmu Komunikasi Unida. Hadir juga Wakil Rektor III Unida, Dr Bustamam Ali, M.Pd, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Dr Alwi Ibrahimm M.Si. Fajrizal Ahmad

– Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Prodi Ilmu Komunikasi mengikuti praktikum di Lembaga Penyiaran Publik  Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Banda Aceh, Rabu (23/12/2020).

Kepala LPP RRI Banda Aceh, Harianto menyambut langsung kedatangan 20 mahasiswa Ilmu Komunikasi Unida. Hadir juga Wakil Rektor III Unida, Dr Bustamam Ali, M.Pd, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Dr Alwi Ibrahimm M.Si.

“Nanti waktu praktek harus ada laporan tertulis, sebagai bukti praktek, agar memiliki kompetensi,” kata Harianto pada acara serah terima mahasiswa praktikum.

Menurutnya, praktikum suatu kewajiban setelah belajar teori di kampus. Maka setelah belajar teori harus mampu menghasilkan produk jurnalistik, sebagaimana yang telah dipelajari di kampus.

Harianto menyebutkan, saat melakukan praktikum supervisor bisa membagikan mau fokus produk jurnalistik tulis di media daring atau radio dengan bahasa yang tegas dan lugas.

“Karena ada perbedaan antara menulis di media cetak maupun daring dengan radio yang Bahasa tutur dan langsung. Ambillah pengalaman saat praktikum di sini (RRI),” pintanya.

Harianto menyebutkan, nantinya akan ada mentor yang akan membimbing mahasiswa praktikum selama praktikum di RRI Banda Aceh. Bahkan bila memiliki kompetensi, bisa saja ditarik bekerja di sini.

“Kalau bisa ke depan praktikum satu sementer. Kan nanti kalau sudah masuk kerja, ada pengalaman kerja di RRI selama 6 bulan,” tukasnya.

Karena saat bekerja nanti, sebutnya, butuh keahlian dan pengalaman. Tidak hanya mengandalkan teori dan status akademik di kampus. Tetapi butuh pengalaman kerja, salah satunya dengan menjalani praktikum di RRI Banda Aceh.

Sementara itu Wakil Rektor III Unida, Dr Bustamam, M.Pd mengatakan, Unida merupakan salah satu kampus tertua di Aceh. Berdirinya hampir bersamaan dengan kampus Unsyiah dan UIN AR-RANIRY Banda Aceh.

“Prodi Ilmu Komunikasi alhamdulillah kita sudah akreditasi B,” jelasnya.

Katanya, praktek ini untuk mengaplikasikan teori ilmu jurnalistik yang telah dipelajari di kampus. Tidak hanya belajar teori, tetapi perlu praktek di lapangan, salah satunya adalah melakukan praktikum di LPP RRI Banda Aceh.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unida, Dr Alwi Ibrahim, M.Si menjelaskan, praktikum ini dilakukan sudah yang keempat kali. Ini adalah wujud aplikasi MoU yang telah ditandatangani sebelumnya antara LPP RRI dengan Prodi Ilmu Komunikasi, Unida.

“Nanti teknisnya bisa atur lebih lanjut, tergantung supervisor di sini,” jelas Dr Alwi.

Kata Dr Alwi, supervisor nantinya bisa mengatur jadwal mahasiswa yang praktikum. Nantinya bisa dibagi dua kelompok. Masing-masing kelompok nanti akan praktikum selama 7 hari di LPP RRI Banda Aceh.

Menurutnya Dr Alwi, penting mahasiswa memiliki pengalaman empiris di lapangan langsung setelah belajar teori di kampus. Harapannya, selesai praktikum mahasiswa memiliki pangalaman langsung tentang ilmu jurnalistik setelah melakukan praktek langsung.[]

Shares: