News

Mahasiswa USK kibarkan Merah Putih di bawah laut Aceh Besar

Mahasiswa USK kibarkan Merah Putih di bawah laut Aceh Besar
Pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut di perairan Aceh Besar oleh mahasiswa FKP USK Banda Aceh, Kamis (17/8/2023). FOTO : ODC FKP USK

POPULARITAS.COM – Sebanyak 17 mahasiswa dari Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) USK, gelar pengibaran bendera merah putih di bawah laut di Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar, Kamis (17/8/2023).

Para mahasiswa yang berasal dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ocean Diving Club (ODC) FKP UKS itu, melakukan penyelaman pada kedalaman laut 17 meter dan membentangkan bendera merah putih.

Dalam kegiatan itu, ikut juga terlibat anggota klub selam dari Dinas Kelautan dan Perikatan (DKP) Aceh.

Ketua tim pelaksana kegiatan Dika Andianto, dalam keterangannya, dikutip dari laman Antara, mengatakan, acara yang mereka langsung itu sebagai bentuk keikutsertaan UKM ODC FKP USK dalam meriahkan HUT RI ke-78.

Ia mengakui, dalam proses pengibaran bendera di bawah laut tersebut, tentu saja masih banyak terdapat kekurangan. Namun, semua tim telah bekerja dengan baik memberikan kontribusi terbaiknya bagi peringatan HUT RI ke-78, tambahnya.

Kegiatan tersebut juga dilengkapi dengan aksi beach clean up dan underwater clean up yaitu mengumpulkan sampah plastik di Pantai Ahmad Rhang Manyang dan di bawah air, khususnya area padang lamun dan terumbu karang.

Pembantu Wakil Dekan III FKP USK Edi Miswar menyampaikan bahwa klub selam ODC setiap tahun melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut dalam rangka memeriahkan HUT RI.

“Saya berpesan kepada peserta untuk selalu mengutamakan kesehatan serta keselamatan, dan selama kegiatan berlangsung agar tetap menjaga nama baik kampus,” kata dia.

Pembina ODC Maria Ulfah juga berpesan kepada tim pelaksana maupun pengibar bendera untuk tetap memprioritaskan keselamatan di lapangan.

Ia menuturkan pengibaran bendera di bawah laut ini sebagai tujuan membangkitkan semangat perjuangan kemerdekaan, khususnya mahasiswa.

“Kami berharap agar kegiatan ini dapat terus didukung untuk masa yang akan datang guna memeriahkan hari kemerdekaan,” kata dia. 

Editor : Hendro Saky

Shares: