News

Makam Teungku Syeh Tuan Dilungkung akan jadikan situs cagar budaya

Makam Teungku Syeh Tuan Dilungkung akan jadikan situs cagar budaya
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, saat ziarah ke makam Teungku Syeh Tuan Dilungkun, di Gampong Blang, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, Jumat (20/7/2023). FOTO : Prokim Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, akan melakukan pemugaran Makam Teungku Syeh Tuan Dilungkung, yang berada di Gampong Blang, Kecamatan Bilang Bintang. Hal tersebut Ia sampaikan sesuai berziarah ke tempat itu, Jumat (20/7/2023).

Dia mengatakan, dengan pemugaran makam tersebut, nantinya kawasan itu akan dijadikan cagar budaya, sekaligus situs sejarah tentang sejarah perjuangan ulama itu dalam sebarkan siar Islam di daerah itu.

Kunjungan Pj Muhammad Iswanto ke perkuburan tersebut, didampingi oleh Kepala BKPSDM Aceh Besar, Asnawi. Hal tersebut Ia lakukan usai sholat jumat di Masjid Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM).

Iswanto menurutkan, Teungku Syeh Tuan Dilungkung, merupakan salah satu ulama besar dan syudaha di Aceh. Namun, kebesaran perjuangannya tidak terekspose dengan baik. Karna itu, dengan menjadikan kawasan ini sebagai situs cagar budaya, diharapkan salah satunya menjadi wisata reliji dan sejarah di Aceh Besar nantinya.

Dulu, kata Bang Wanto, karib Pj Bupati Aceh Besar disapa, di kawasan pemakaman ini terdapat sumur yang airnya tak pernah kering dan habis walau digunakan untuk aliri sawah masyarakat. Namun sangat disayangkan, keberadaannya sudah tidak ada lagi sebab ditimbun.

Sejak akhir 2022, ujarnya, Pemkab Aceh Besar telah membangun balai permanen di kawasan makam tersebut. Hal itu dimaksudkan agar para penziarah dapat berteduh dan sekaligus dapat digunakan masyarakat yang hendak ke sawah atau sholat.

“Alhamdulillah, saat ini sudah ada bangunan permanen dan di sini juga sudah ada MCK,” terangnya.

Menurut catatan yang ada, pungkas Bang Wanto, dulunya kawasan pemakaman ini sangat luas. namun saat ini, total areal hanya tinggal 2.300 meter persegi. Untuk itu, pihaknya berharap, kepada masyarakat untuk mendukung langkah Pemkab Aceh Besar menjadikan kawasan tersebut sebagai situs cagar budaya.

Shares: