News

Mantan Kapolres Gayo Lues jabat Wakapolda Aceh

Polri tangkap 414 tersangka perdagangan orang, korban mencapai seribuan orang
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. Foto: Humas Polri

POPULARITAS.COM – Selain menunjuk Irjen Pol Achmad Kartiko menjadi Kapolda Aceh, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menunjuk Kombes Pol Armia Fahmi menjadi wakil kepolisian daerah ujung barat Sumatra itu.

Perwira menengah Polri yang pernah menjabat Kapolres Gayo Lues dan Aceh Tamiang itu ditunjuk menggantikan Brigjen Pol Syamsul Bahri yang akan memasuki masa pensiun.

Armia Fahmi merupakan lulusan Akpol 1990. Jabatan terakhir pria kelahiran Banda Aceh, 12 Oktober 1966 itu adalah Irwasda Polda Sumut.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyebutkan, dalam mutasi kali ini, sebanyak 60 personel Polri baik perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati) Polri terkena rotasi.

“Mutasi dan rotasi di tubuh Polri adalah hal biasa merupakan bagian tour of duty dan penyegaran organisasi,” kata Ramadhan dalam keterangannya, Selasa (26/9/2023) malam.

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Irjen Pol Achmad Kartiko menjadi Kapolda Aceh. Penunjukan Perwira Tinggi (Pati) Baintelkam Polri untuk menggantikan Irjen Pol Ahmad Haydar.

Penunjukan tersebut tertuang di dalam Surat Telegram bernomor ST/2164/IX/KEP./2023. Dalam ST itu, disebutkan bahwa Irjen Ahmad Haydar dimutasi sebagai perwira tinggi Polda Aceh dalam rangka pensiun.

Irjen Pol Achmad Kartiko merupakan lulusan Akpol 1991. Jenderal bintang dua ini berpengalaman dalam bidang intel.

Sejumlah jabatan pernah diemban oleh pria kelahiran Jakarta, 20 Maret 1968 itu, di antaranya Kapolres Indragiri Hilir Polda Riau, Kapolres Bengkalis Polda Riau.

Kemudian, Wadirreskrimum Polda Riau, Sekpri Kapolri Spripim Polri, Kapolresta Depok Polda Metro Jaya, Dirintelkam Polda Jatim dan sejumlah jabatan strategis lainnya.

Shares: