News

Masyarakat Simeulue diminta waspadai cuaca ekstrem

Masyarakat Simeulue diminta waspadai cuaca ekstrem
Masyarakat Simeulue diminta waspadai cuaca ekstrem
Ilustrasi, sejumlah warga membersihkan pohon yang tumbang i akibat angin kencang dan cuaca ekstrem di kawasan Keutapang, Darul Imarah, Aceh Besar, Aceh, Minggu (29/5/2022). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nz)

POPULARITAS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simeulue, mengimbau masyarakat di kabupaten kepulauan itu mewaspadai cuaca ekstrem yang berpotensi menyebabkan bencana alam.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Simeulue Zulfadli, Selasa (1/11/2022), mengatakan cuaca ekstrem diprakirakan melanda kabupaten kepulauan di Samudra Hindia tersebut hingga seminggu ke depan.

“Berdasarkan peringatan dini BMKG, ada potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah di Kabupaten Simeulue hingga seminggu ke depan,” kata Zulfadli.

Zulfadli mengatakan hujan lebat disertai angin kencang tersebut berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir, tanah longsor, maupun pohon tumbang.

“Kepada masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana serta pesisir pantai dan pegunungan, diimbau meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan,” kata Zulfadli.

Zulfadli juga meminta kepada masyarakat segera melaporkan kepada aparatur desa, aparatur kecamatan, maupun kepolisian terdekat jika terjadi bencana untuk segera ditindaklanjuti.

Kepada nelayan, untuk sementara waktu diminta tidak melaut. Sebabnya, cuaca perairan Samudra Hindia yang saat ini tidak menentu serta bergelombang tinggi.

Kalau pun tetap melaut, kata Zulfadli, upayakan berada di pinggiran serta dekat dengan tempat berlindung karena mudah dijangkau apabila sewaktu-waktu terjadi angin kencang dan gelombang tinggi.

“Kalau melaut agar dekat dengan daratan. Kemudian, lengkapi diri dengan alat komunikasi dan juga keamanan lainnya. Segera menghindar jika melihat potensi cuaca buruk,” ujar Zulfadli.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa. (ant)

Shares: