News

MBS : Pemulihan hubungan Saudi dan Israel bergerak maju

MBS : Pemulihan hubungan Saudi dan Israel bergerak maju
Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman tiba di lokasi KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Akbar Nugroho Gumay/aww.

POPULARITAS.COM – Upaya pemulihan hubungan diplomatik antara Kerajaan Arab Saudi dan Israel semakin bergerak maju. Kedua negara telah mencapai sejumlah kesepakatan penting guna tercapainya harmonisasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) dala keterangannya saat di wawancarai televisi Fox News, Rabu (20/9/2023) yang dilansir Antara.

“Semakin hari, semakin dekat,” katanya saat diwawancarai televisi Fox News.

Bin Salman menepis sejumlah laporan yang menyebutkan bahwa proses pembentukan hubungan kedua pihak mengalami kebuntuan karena kalangan oposisi Israel menolak melakukan kesepakatan dengan Palestina.

Ia mengatakan bahwa perundingan sedang berjalan dengan baik.

“Kami berharap ini akan memudahkan kehidupan rakyat Palestina, dan menjadikan Israel sebagai salah satu pemain di Timur Tengah,” kata Bin Salman.

Pemerintah kerajaan Saudi bersikeras bahwa kesepakatan apa pun dalam rangka membangun hubungan dengan Israel akan termasuk peningkatan upaya bagi pembentukan negara Palestina.

Kesepakatan seperti itu sejauh ini telah ditolak Israel, sementara pemerintah Israel terus memperluas permukiman khusus warga Yahudi di Tepi Barat yang diduduki.

Israel dan Arab Saudi merupakan pesaing Iran di kawasan Timur Tengah.

Bin Salman mengatakan bahwa jika Iran harus memiliki senjata nuklir, maka “kami juga harus punya.”

Israel masih menjadi satu-satunya negara di Timur Tengah yang memiliki senjata nuklir, tetapi telah berkali-kali menolak untuk memberikan konfirmasi, sebagai bagian kebijakan ambiguitas strategis.

Editor : Hendro Saky

Shares: