KesehatanNews

Mendeteksi penyakit dari jenis warna kuku

Mendeteksi penyakit dari jenis warna kuku
Ilustrasi. FOTO : kuku. (popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Beberapa penyakit pada tubuh seseorang, dapat dideteksi dari warna kukunya. Hal tersebut dikarenakan, ketika mengidap penyakit tertentu, maka warna kuku berubah. 

Dilansir dari laman Webmd, diberitakan beritasatu.com, Rabu (27/12/2023), tanda-tanda mengenai kesehatan tubuh dapat ditemukan dari kondisi kuku seseorang, sebagai berikut:

1. Kuku pucat
Kondisi ini dikenal sebagai leukonychia, di mana kuku sebagian atau seluruhnya berwarna putih sehingga terlihat pucat. Warna putih ini dapat mengindikasikan adanya kondisi seperti anemia, penyakit jantung atau ginjal, atau bahkan keracunan makanan.

2. Kuku kuning
Kuku kuning umumnya disebabkan oleh infeksi jamur. Saat infeksi semakin parah, dasar kuku dapat terangkat, membuat kuku menebal dan hancur. Kondisi ini, jarang terjadi, dapat menunjukkan masalah yang lebih serius seperti penyakit tiroid yang parah, penyakit paru-paru, diabetes, atau psoriasis.

3. Kuku kebiruan
Warna kebiruan pada kuku bisa mengindikasikan bahwa seseorang tidak mendapatkan cukup oksigen dalam tubuhnya. Hal ini dapat mengarah pada masalah paru-paru seperti emfisema dan beberapa masalah jantung.

4. Kuku berdesik
Permukaan kuku yang bergelombang mungkin merupakan tanda awal psoriasis atau radang sendi. Perubahan warna kuku ini dapat mencakup kulit di bawah kuku yang tampak kecoklatan atau kemerahan.

5. Kuku retak atau terbelah
Kuku yang kering dan rapuh sering kali mengalami retakan atau terbelah. Biasanya, ini terkait dengan penyakit tiroid. Retakan atau pemecahan kuku yang disertai dengan warna kekuningan lebih mungkin disebabkan oleh infeksi jamur.

6. Lipatan kuku bengkak
Paronikia kronis dapat menyebabkan peradangan, kemerahan, nyeri tekan, dan pembengkakan lipatan pada kulit dan jaringan di sekitar kuku. Biasanya, ini disebabkan oleh iritasi atau alergen, tetapi dapat juga disebabkan oleh jamur Candida Albicans, infeksi lain, atau psoriasis.

7. Garis gelap di bawah kuku
Perubahan warna ini, dikenal sebagai melanonychia, disebabkan oleh pigmen melanin. Beberapa kemungkinan penyebab termasuk kanker kulit, infeksi, atau cedera.

Mengetahui tanda-tanda ini dapat membantu seseorang untuk lebih awal mengenali potensi masalah kesehatan tubuhnya. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk memperhatikan kondisi kesehatan kuku mereka sebagai salah satu upaya deteksi dini.

Shares: