Menggerakan sektor ekonomi kreatif dukung kepariwisataan Sabang

POPULARITAS.COM – Pesona dan keindahan Sabang telah menjadi magnet bagi para pelacong untuk berkunjung ke daerah paling ujung barat Indonesia itu. Ragam destinasi keindahan wisata di sana, jadi andalan bagi tumbuhnya ekonomi masyarakat dari sektor kepariwisataan. Namun dibutuhkan daya dukung yang lebih baik, agar para wisatawan dapat merasakan nuansa yang berbeda saat mendatangi tempat tersebut.

Sektor ekonomi kreatif jadi daya dukung penting bagi memajukan kepariwisataan di Sabang. Karena itu, Pj Walikota Sabang tekad untuk gerakkan sektor itu agar jadi andalan guna menghidupkan pariwisata di daerah itu.

Bagi Pj Walikota Sabang, kemajuan pariwisata suatu daerah, tidak hanya cukup andalkan potensi wisata dan keindahan alam saja. Namun harus didukung sektor lainnya, yakni ekonomi kreatif, dan juga hospitality, yakni keramahtahaman masyarakat sebagai bagian dari objek wisatanya.

Untuk itu, pengembangan sektor lain harus juga selaras dengan potensi wisata yang ada, seperti pelayanan transportasi, kuliner, perhotelan, dan juga masyarakat yang ada di daerah teresebut. Karena itu, penting peran aktif seluruh stakte holder dan juga para pelaku wisata untuk mempercepat pengembangan ekonomi kreatif di Sabang.

“Kita ingin para pelancong bisa betah, dan merasa nyaman saat di Sabang,” kata Pj Walikota Sabang Reza Fahlevi beberapa waktu lalu.

Membangun kesan dan membuat para wisatawan betah, merupakan kunci keberhasilan kepariwisataan daerah. Sebab hal tersebut akan membuat kesan baik, dan memastikan para pelancong yang datang, ingin kembali lagi kesini, ujarnya.

“Biasanya, kalau sudah terkesan, pasti datang lagi kemari dan membawa kerabatnya yang lain,” katanya.

Untuk itu, penting bagi para pelaku wisata di Sabang untuk berbenah, baik dari sisi pelayanan, perbaikan infrastruktur, dan juga fasilitas lainnya. Yang utama, membangun image positif soal Sabang bagi para pelancong.

Sebagai contoh, kawasan wisata Gampong Iboih, tempat ini harus dibenahi fasilitas pendukungnya. Dukungan potensi wisatanya sudah sangat baik. Namun perlu pembenahan sektor pendukung lainnya, seperti perhotelan, pelayanan kamar, kawasan kuliner, dan juga para pemandu wisatanya.

Pemerintah sendiri, kata Reza Fahlevi lagi, tidak bisa bekerja sendiri. Dukungan stakeholder lainnya jadi kunci keberhasilan bersama membangun kawasan tersebut untuk dapat ditingkatkan menjadi lebih baik.

Selain optimalisasi kawasan wisata yang sudah eksisting, Pemerintah Kota Sabang juga terus membenahi, dan menggarap sektor wisata lainnya, sebagai destinasi wisata baru. Penataan dan pembenahan pada kawasan-kawasan baru terus dilakukan pihaknya. Langkah itu guna semakin memperbanyak spot dan titik kunjungan wisatawan saat datang kesini, papar Reza Fahlevi.

Sejak dilantik sebagai Pj Walikota Sabang, Reza Fahlevi sendiri telah membangun tekad untuk membenahi kepawisataan di daerah itu. Sehingga sektor itu menjadi salah satu pendapatan daerah yang dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di sana.

Berbagai upaya dan langkah telah Ia lakukan, baik pemetaan masalah, dan juga dukungan fasilitas yang harus dikerjakan oleh pemerintah agar objek suatu kwasan menjadi lebih baik dan ditingkatkan kualitasnnya.

Selain itu juga, promosi Sabang Jadi fokus perhatian pemerintah saat ini, sebab banyak hal di Sabang yang belum di eksploitasi dan di promosikan dengan dengan baik.

Termasuk juga informasi lewat media sosial harus bisa dimanfaatkan para pelaku wisata untuk menawarkan paket perjalanan wisata ke Sabang, dan itu sudah banyak berhasil diterapkan di daerah-daerah wisata lain di Indonesia, ini yang harus kita lakukan sekarang,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, sebenarnya masyarakat dan pelaku usaha wisata Sabang sudah harus berada pada fase tersebut, namun sistemnya perlu diperhatikan, dibenahi, dan ditingkatkan.

Seperti sistem pemesanan secara online, agar wisatawan yang memesan mendapatkan informasi aktual terkait penginapan dan lainnya.

Selain itu, adanya masukan untuk dibuat loker penyimpanan barang sebelum wisatawan menyeberang ke Pulau Rubiah menjadi catatan penting. Karena masukan tersebut sangat positif sebagai bentuk meningkatkan atau memberikan pelayanan untuk para wisatawan.

Sementara terkait masukan pengembangan Sumber Daya Manusia akan menjadi catatan penting Pemerintah Kota Sabang. Dan ini akan diinventarisasi jenis pelatihan apa yang pantas untuk peningkatan SDM tersebut. “Sebab, diperlukan keahlian dari masing-masing bidang seperti open water, rescue, guide dan bidang lainnya.

Termasuk juga dalam meningkatkan mutu dan kreatifitas ekonomi kreatif perlu diadakan pelatihan souvenir, kuliner, pengelolaan hotel dan lain sebagainya, semua masukan ini nanti akan kita tindak lanjuti, mudah-mudahan saja patawisata Sabang akan lebih baik lagi,” ujarnya. “Pada intinya saya mengajak seluruh para pelaku pariwisata baik dari sisi industri, transportasi, akomodasi, kuliner dan lainnya, bersama-sama melakukan pembenahan dan meningkatkan daya tarik wisata melalui berbagai keunggulan yang ada.

Keunggulan pertama Kota Sabang ada di wisata baharinya, khususnya diving dan snorkeling.  Kemudian yang kedua, ada budaya dan heritage, juga desa wisata yang secara potensi sangat bagus.  Ini menjadi atraksi atau menjadi daya tarik yang mendatangkan wisatawan ke Sabang dan perlu kita tingkatkan bersama-sama,” demikan tutup Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi.

Comments
Loading...