Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Mengulang kenangan masa lalu lewat Aceh Pop Culture Fest 2023

Pembukaan Aceh Pop Culture Fest 2023, yang berlangsung di Taman Sulthanah Safiatuddin, Kota Banda Aceh, Sabtu (18/3/2023) malam.

POPULARITAS.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menyelenggarakan Aceh Pop Culture Fest 2023, yang berlangsung 18-20 Maret 2023 di Taman Sulthanah Safiatuddin, Kota Banda Aceh.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Disbudpar Aceh, Almuniza Kamal yang diwakili Kepala Bidang Pemasaran, Teuku Hendra Faisal, Sabtu (18/3/2023) malam.

Dalam kesempatan itu, Hendra mengatakan bahwa Aceh Pop Culture Fest 2023 adalah momentum pemerintah mengajak para pengunjung dan generasi milenial di Tanah Rencong untuk flasback atau mengulang kenangan masa lalu Aceh di tahun 1990-an.

“Melalui acara ini, kita ingin flasback kembali Aceh di masa tahun 90-an, artinya ini sekarang sudah tahun 2023, pergerakan itu sangat dinamis, dari pola hidup, budaya dan sebagainya, kita ingin anak-anak muda kita kembali mengingat bahwa Aceh dulu juga seperti ini,” katanya.

Meski Aceh telah mengalami perkembangan, Hendra mengajak masyarakat untuk tidak mengabaikan nilai-nilai budaya dan adat istiadat atau kearifan lokal di daerah ini.

“Kita tidak boleh hilang dari kearifan lokal kita, kita boleh kreatif apapun bentuknya, bagaimana caranya, tetapi tidak lupa dengan adat istiadat kita, dengan budaya dan kearifan lokal kita,” tegas Hendra.

Pada kesempatan yang sama, Hendra juga mengatakan Disbudpar Aceh saat ini sedang melakukan berbagai upaya guna mendatangkan wisatawan, salah satunya dengan memperbanyak atraksi budaya dan pariwisata.

Ragam kegiatan yang telah digelar dan berlangsung sukses, menurut Hendra, menjadi bukti nyata bahwa kondisi Aceh saat ini sangat aman. Oleh karenanya, ia mengajak para wisatawan untuk tak ragu mengunjungi daerah ini.

Di sisi lain, Hendra menginginkan atrakti-atraksi yang digelar tersebut memberi efek positif bagi pelaku UMKM di Tanah Rencong. Seperti Aceh Pop Culture Fest 2023, Hendra berharap ini bisa menjadi ruang promosi produk lokal.

“Kami juga hadir di sini bersama teman-teman perbankan, mereka juga berkomitmen mendukung pelaku UMKM dan pekerja kreatif di daerah ini,” kata Hendra.

Shares: