News

Menko PMK : Kita harus ingat saat tsunami Aceh, Turki membantu luar biasa

Menko PMK : Kita harus ingat saat tsunami Aceh, Turki membantu luar biasa
Menko PMK Muhadjir Effendy memberikan keterangan di Turki, Rabu (22/2/2023). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

POPULARITAS.COMMenteri Kordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, bantuan kemanusiaan yang diberikan Indonesia untuk Turki, sebagai bentuk perhatian, dan kedekatan hubungan kedua negara.

Pemerintah Turki, selalu hadir kala Indonesia terkena bencana. Sebagai contoh saat musibah tsunami di Aceh 2004. Bahkan, samnbungnya, di Aceh ada perkampungan Turki, yang dibangun negara ini saat gelombang tsunami landa provinsi ujung barat Sumatra itu.

Hal tersebut disampaikan Menko PMK yang jadi delegasi Pemerintah Indonesia saat kunjungan rumah sakit lapangan tim medis darurat (EMT) di Distrik Hassa, provinsi Hatay, Turki, Rabu (22/2/2023).

“Saya baru saja menyerahkan bantuan gelombang keempat dari rakyat Indonesia,” terang Menko PMK.

Misi kemanusiaan Indonesia di Turki tersebut melibatkan lebih dari 250 personel, lima pesawat kargo kemanusiaan, sekitar 110 ton kargo, 50 kontainer suplai makanan instan, satu rumah sakit lapangan, dan dua dapur umum yang melayani 24 jam.

“Misi kemanusiaan untuk Turki ini adalah misi terbesar yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk membantu negara sahabat yang selama ini telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia,” ujar Muhadjir dikutip dari laman Antara.

Dia menyebutkan Indonesia telah mengirim beberapa tim dalam misi kemanusiaan tersebut, yang terdiri atas tim Medium Urban SAR, emergency medical team (EMT) beserta rumah sakit lapangan, hingga tim angkutan logistik udara beserta satu pesawat Hercules C-130 yang membantu pemerintah Turki mengangkut logistik maupun korban di daerah terdampak gempa.

Sebagai dua negara yang cukup sering terdampak bencana alam, Muhadjir pun berharap kedua negara bisa terus saling belajar dari satu sama lain dalam penanganan bencana.

Turut hadir mendampingi Muhadjir dalam kunjungan tersebut ialah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto dan Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal.

Sementara itu, dari pihak Turki, kehadiran delegasi Indonesia disambut Gubernur Yalova Muammer Erol yang menerima bantuan secara simbolis.

Editor : Hendro Saky

Shares: