News

Pemkab Aceh Besar bantu gempa Turki Rp358,4 Juta

Pemkab Aceh Besar bantu gempa Turki Rp358,4 Juta
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, saat menyerahkan bantuan korban gempa Turki senilai Rp358,4 juta kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Dr Ilyas, Selasa (21/2/2023). FOTO : Humas Aceh Besar

POPULARITAS.COMPemerintah Kabupaten Aceh Besar, Selasa (21/2/2023), serahkan bantuan bagi korban gempa di Turki-Suriah. Nilai donasi yang berhasil dikumpulkan tersebut sebesar Rp358,4 juta. Pj Bupati Muhammad Iswanto secara langsung menyerahkan bantuan itu melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA)

Gempa besar yang terjadi diwilayah Turki dan Suriah pekan lalu, telah sebabkan puluhah ribu warga di dua negara itu meninggal dunia. 

Otoritas Turki mencatat, jumlah kematian warganya mencapai 40 ribu jiwa lebih, sementara di Suriah tidak kurang dari 6 ribu orang meregang nyawa. Kebanyakan korban meninggal akibat tertimbun bangunan yang rubuh kala gempa terjadi.

Bantuan kemanusiaan untuk gempa Turki-Suriah terus mengalir dari solidaritas dunia. Besarnya dampak gempa di kedua negara itu, juga telah mendorong jajaran Pemkab Aceh Besar untuk melakukan penggalangan dana guna membantuk para korban.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, dalam keterangannya persnya usai menyerahkan bantuan itu, mengatakan musibah yang terjadi di Turki dan Suriah sangat memprihatinkan dunia. Upoaya yang donasi yang kami kumpulkan, dan untuk dikirimkan kesana, sebagai bentuk keprihatinan kami atas para korban yang terdampak gempa.

Bantuan yang diserahkan pihaknya untuk Turki-Suriah lewat BPBA, kata Bang Wanto, Karia Pj Bupati Aceh Besar di sapa, berasal dari jajaran ASN, ormas, masyarakat, dan juga keluarga besar dinas pendidikan, termasuk para pelajar, dan mahasiswa.

Dana yang diserahkan ini, kata Bang Wanto lagi, dilakukan penggalangan selama dua pekan. “Alhamdulillah, hari ini secara resmi kita serahkan untuk korban gempa di Turki dan Suriah lewat BPBA,” ujarnya.

Dikatakan Pj Bupati Aceh Besar, nilai bantuan yang diberikan pihaknya, tentu tidak sebanding dengan kerugian materi, dan korban jiwa, serta apa yang dirasakan oleh warga di Turki dan Suriah. 

Namun, dengan donasi ini, kami ingin bersolidaritas dengan warga dunia lainnya untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak gempa di Turki dan Suriah, demikian Pj Bupati Aceh Besar.

Editor : Hendro Saky

Shares: