EkonomiNews

Mentan RI janji dukung pertanian di Aceh Besar

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menegaskan dukunganya untuk pengembangan dan kemajuan sektor pertanian di Aceh Besar. Hal tersebut disampaikannya saat bertemu dengan Pj bupati daerah itu, Muhammad Iswanto, Rabu (27/7/2022) di Jakarta.
Mentan RI janji dukung pertanian di Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menegaskan dukunganya untuk pengembangan dan kemajuan sektor pertanian di Aceh Besar. Hal tersebut disampaikannya saat bertemu dengan Pj bupati daerah itu, Muhammad Iswanto, Rabu (27/7/2022) di Jakarta.

Dalam pertemuan keduanya, dibahas tentang isu terkini terkait dengan sektor pertanian di Aceh Besar, terutama keberadaan daerah itu sebagai penopang kebutuhan beras untuk kota Banda Aceh.

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/7/2022) menjelaskan, Mentan RI minta pihaknya untuk maksimalkan potensi pertanian, untuk menjadi daerah swasembada pangan, dan berkontribus pada ketahanan pangan untuk Aceh dan nasional.

Untuk itu, kata Iswanto lagi, Mentan RI akan mendukung Penuh berbagai upaya untuk memajukan pertanian di Aceh Besar. “Alhamdulillah, Pak Menteri beri dukungan besar untuk kemajuan pertanian di Aceh Besar,” ujarnya.

Minta Penambahan Kuota Pupuk Bersubsidi 

Dalam kesempatan yang sama, Pj Bupati Aceh Besar di Kantor Kementrian Pertanian RI juga menemui Direktur Pupuk dan Pestisida Muhammad Hatta di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan itu, Muhammad Iswanti minta penambahan kuota pupuk bersubsidi untuk mendukung pertanian dan para petani di Aceh Besar. 

Menurutnya, keberadan pupuk subsidi selama ini sangat membantu para petani di Aceh Besar untuk meningkatkan produksi pertanian.

Dalam penjelasannya di hadapan Direktur Pupuk dan Pestisida, Pj Bupati Iswanto menyampaikan bahwa selama ini pupuk bersubsidi memang tersedia bagi petani di Aceh Besar, namun jumlahnya terbatas hingga ada petani yang beralih ke pupuk harga reguler hingga membuat cost pruduksi menjadi mahal. Karena itulah perlu adanya penambahan kuota pupuk untuk petani di Aceh Besar.. 

Selain pupuk, Pj Bupati juga menyampaikan perlunya perhatian Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kemmenterian Pertanian, dalam membantu penyediaan sarana dan prasarana lainnya guna mencapai target swasembada pangan yang lebih tangguh di masa mendatang. 

Pj Bupati Iswanto dalam keterangannya usai pertemuan juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pertanian RI yang telah menerima dengan baik kunjungan Pemerintah Aceh Besar berikut pimpinan instansi atau OPD terkait. “Kami atas nama Pemerintah Aceh Besar menyampaikan terima kasih kepada Bapak Menteri Syahrul Yasin Limpo dan jajaran yang telah menerima kunjungan kami guna membahas sejumlah isu pertanian Aceh Besar,” kata Iswanto. 

Dalam kunjungan kerjanya itu, Pj Bupati Iswanto turut didampingi Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar, Jakfar dan Kepala Bagian  Prokopim Setdakab Aceh Besar Zayadinur.

Shares: