News

Merasakan nuansa Nusantara saat peringatan Hari Pahlawan di USK

FKG USK melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan dengan konsep ethnic day di halaman fakultas setempat, Jumat (10/11/2023). Foto: Humas USK

POPULARITAS.COM – Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala (FKG USK) mengusung konsep ethnic day, dalam memperingati Hari Pahlawan. Diversity and Legacy of Cultural menjadi tema yang dipilih. Upacara peringatan berlangsung di halaman fakultas tersebut, Jumat (10/11/2023).

Nuansa Nusantara begitu terasa, karena seluruh sivitas akademika maupun mahasiswa FKG di hari itu, menggunakan pakaian adat. FKG turut mengumumkan pemenang kostum terbaik. Menurut Dekan FKG USK, Dr.drg. Cut Soraya M. Pd, Sp.KG hal tersebut menjadi salah satu bentuk cinta Tanah Air.

“Ini salah satu cara mencintai tanah air dan menghargai para pahlawan adalah melaksanakan upacara hari Pahlawan dengan menggunakan baju berunsur etnik dan budaya, membantu semua peserta upacara untuk merefleksikan semua hasil perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan,” kata Soraya.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuh rasa cinta tanah air Indonesia yang beragam budaya atau Bhinneka Tunggal Ika, walau berbeda budaya namun tetap satu Indonesia, sesuai dengan tema Ethnic day kali ini yaitu diversity and Legacy of Cultural.

“Penggunaan pakaian adat dari Papua, terpilih sebagai yang terbaik untuk kategori perempuan . Sedangkan penggunaan pakaian adat dari Bali menjadi yang terbaik untuk kategori laki-laki,” ungkap Dekan FKG.

Shares: