NewsSepakbola

Kunci sukses Indonesia menahan raksasa Amerika Latin di Piala Dunia U-17

Kunci sukses Indonesia menahan raksasa Amerika Latin di Piala Dunia U-17
Indonesia saat hadapi Ekuador pada laga pembuka Grup A Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (10/11/2023). Foto: PSSI

POPULARITAS.COM – Tim U-17 Indonesia mengawali pertandingan di Piala Dunia U-17 2023 dengan hasil cukup apik. Tim asuhan Bima Sakti itu sukses menahan raksasa Amerika Latin Ekuador 1-1 pada laga pembuka Grup A Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (10/11/2023).

Indonesia unggul dulu lewat gol yang dicetak oleh striker Arkhan Kaka di menit ke-22. Ekuador lantas mampu membalasnya berkat gol Allen Obando pada menit ke-28.

Setelah itu, Ekuador sempat mencetak gol kedua ke gawang Indonesia pada menit ke-45 melalui Jair Collahuazo. Namun, gol tersebut dianulir wasit karena Allen Obando sudah lebih dulu berada di posisi offside. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Indonesia lantas mendapat gempuran serangan dari Ekuador pada babak kedua. Berulangkali gawang Indonesia terancam. Salah satu ancaman datang dari Michael Bermudez yang beruntung masih bisa diamankan kiper Ikram Al Giffari.

Sampai menjelang laga berakhir, Ekuador masih terus gencar melakukan serangan ke gawang Timnas Indonesia. Beruntung, pertahanan Indonesia tidak tergoyahkan.

Pelatih Indonesia U-17, Bima Sakti, mensyukuri hasil yang diraih oleh timnya. Keberhasilan meraih satu poin akan jadi modal berharga untuk bisa mendulang poin lagi di Grup A.

“Alhamdulillah bisa 1-1 dan ini hasil kerja keras pemain, walaupun terasa berat. Kami punya waktu dua hari istirahat setelah ini dan semoga itu bisa membiat kondisi pemain lebih baik lagi,” kata Bima Sakti setelah pertandingan, dikutip dari laman PSSI, Sabtu (11/11/2023).

Hasil imbang itu menjadikan Indonesia meraih poin perdana di Piala Dunia kelompok usia. Sebelumnya saat ambil bagian di Piala Dunia U-20 pada 1979 di Jepang, Indonesia tak sekalipun mendapatkan poin.

Secara terpisah, pelatih Ekuador, Diego Martinez menyebutkan bahwa timnya kesulitan menghadapi pertahanan solid Indonesia.

“Ini pertandingan yang sulit, kami ingin menang dan mendapatkan tiga poin. Tapi, Indonesia juga menunjukkan pertandingan yang baik dengan pertahanan efektif dan berjalan bagus. Saya pikir kami punya situasi yang menyulitkan kami mencetak gol,” kata Diego Martinez.

“Cuaca tidak jadi masalah buat kami. Tapi, pemain kami datang dengan cuaca panas di sini yang mirip di Suabaya. Ini tidak ada masalah buat kami,” imbuhnya.

Hasil imbang pada Hari Pahlawan Nasional ini membuat Timnas Indonesia U-17 kini berada di urutan kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023 dengan nilai satu. Adapun puncak klasemen sementara dihuni Maroko dengan tiga angka.

Klasemen Sementara Grup A

1 Maroko 1 1 0 0 2-0 3

2 Indonesia 1 0 1 0 1-1 1

3 Ekuador 1 0 1 0 1-1 1

4 Panama 1 0 0 1 0-2 0

Shares: