HukumNews

Meski  batuk berat, Firli Bahuri penuhi panggilan pemeriksaan di Mabes Polri

Meski  batuk berat, Firli Bahuri penuhi panggilan pemeriksaan di Mabes Polri
Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri tiba di Lobby Bareskrim Polri, Jakarta, untuk menjalani pemeriksaan lanjutan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Rabu (6/12/2023). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

POPULARITAS.COM – Ketua KPK non-aktif Firli Bahuri, Rabu (6/12/2023), kembali penuhi pemeriksaan di gedung Bareskrim Mabes Polri. Meski mengaku sakit batuk berat, purnawirawan Polri bintang tiga itu tetap hadir jalani pemanggilan dalam kapasitasnya sebagai tersangka yang ditetapkan Polda Metro Jaya.

“Ini kedatangan saya keempat kalinya ke Bareskrim Polri. Walau kondisi batuk berat namun saya tetap datang,” terangnya.

Firli Bahuri menjelaskan, sebagai warga negara yang menjunjung tinggi hukum, dirinya selalu siap hadiri panggilan penyidik. Kedatangan dirinya hari ini merupakan kali keempat Ia diperiksa oleh Polda Metro Jaya. “Iya, yang saya ingat sudah empat kali, yaitu 25 Oktober, 16 November, 1 Desember, dan hari ini (6 Desember),” paparnya.

Dari tiga kali pemeriksaan tersebut, dua kali pemeriksaan dengan status sebagai saksi, dan satu kali sebagai tersangka. “Saya sudah tiga kali dimintai keterangan di tahap penyidikan,” katanya.

Firli tiba lebih awal dari jadwal pemeriksaan tambahan sebagai tersangka, yakni tiba pukul 09.12 WIB. Pemeriksaan terhadap dirinya dijadwalkan pukul 10.00 WIB.

Saat tiba, Firli lewat melalui pintu lobby Bareskrim Polri tempat biasa wartawan biasa menunggu narasumber. Tidak seperti tiga pemeriksaan sebelumnya lewat akses yang tidak terdeteksi oleh wartawan.

Saat tiba, purnawirawan Polri berpangkat komisaris jenderal menggunakan masker, dan tidak memberikan tanggapan kepada wartawan.

Setelah lima jam proses pemeriksaan berjalan, keterangan tertulis dari Firli Bahuri dibagikan ke sejumlah wartawan yang meliput di Bareskrim

Selain menjelaskan dirinya hadir memenuhi panggilan penyidik sebagai wujud dirinya menjunjung tinggi supremasi hukum.

Firli juga menjelaskan alasannya menggunakan masker. “Walau saya menggunakan masker untuk menjaga dan melindungi kesehatan bersama,” ujar Firli.

Editor : Muhammad Fadhil

Shares: