News

Mahasiswa Teknik Kimia USK sulap limbah tahu menjadi energi terbarukan

Mahasiswa Teknik Kimia USK sulap limbah tahu menjadi energi terbarukan
Mahasiswa Teknik Kimia USK sulap limbah tahu menjadi energi terbarukan. Foto: Humas USK

POPULARITAS.COM – Universitas Syiah Kuala (USK) meraih Juara I pada Lomba Esai Inovasi 2023. Kompetisi tingkat nasional ini diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Ganesha di Bali, dengan sesi finalnya berlangsung tanggal 3 Desember 2023.

Mahasiswa USK yang berpartisipasi dalam kompetisi ini tergabung dalam tim The Gabe Oil Reborn. Abdul Muta’al sebagai ketua, dengan anggota, Muhammad Razan Atallah, dan Muhammad Rafi Daeng Musyaari, yang kesemuanya merupakan mahasiswa jurusan Teknik Kimia, FT USK angkatan 2022.

“Kami merumuskan konsep pemanfaatan limbah industri tahu, menjadi sumber energi alternatif terbarukan yang berupa bio-metan dan pupuk yang berguna bagi tanaman,” jelas Abdul, Rabu (6/12/2023).

Hal tersebut menjadi latar belakang The Gabe Oil Reborn dalam menghadirkan karya pada lomba esai inovasi. Menurutnya, masih banyak limbah tahu yang mencemari lingkungan bahkan dibuang begitu saja, tanpa melalui proses pengolahan terlebih dulu, seperti menurunkan kadar BOD dan COD-nya.

“Padahal limbah tersebut jika diolah melalui serangkaian proses kimia dan fisik, yang dapat menghasilkan energi alternatif yang bermanfaat bagi kehidupan karena mengandung senyawa organik terlarut yang sangat tinggi, dan juga dapat mencegah terjadinya pencemaran lingkungan akibat limbah tersebut yang berbahaya bagi kesehatan,” sambung Razan.

Rafi menuturkan, pihaknya turut menghimpun berbagai data dan mengkaji referensi-referensi yang relevan, untuk menyusun suatu konsep inovasi pengolahan limbah tahu ini, sehingga dapat menghasilkan energi terbarukan, dengan bimbingan Dr. Ir. Farid Mulana, S.T., M.Eng, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FT USK.

Ketua Jurusan Teknik Kimia, Prof. Dr. Ir. Sri Aprilia mengapresiasi prestasi yang sudah diraih mahasiswanya. Ia memuji alasan yang mendasari topik tersebut diangkat.

“Ide akan potensi limbah cair tahu yang dapat dimanfaatkan kembali menjadi sumber energi terbarukan sangat bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat. Sekali lagi, selamat dan teruslah berprestasi,” ucapnya.

Untuk diketahui, adapun peserta di dalam kompetisi ini terdiri dari ratusan perwakilan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Udayana, Universitas Pendidikan Indonesia, dan lainnya.

Kompetisi esai inovasi ini merupakan ajang kompetisi mengemukakan ide brilian untuk menanggulangi permasalahan lingkungan akibat pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah industri.

Shares: