News

Meugang pertama, segini harga daging di Aceh Besar

Pedagang daging sapi di Pasar Induk Lambaro, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (21/3/2023). Foto: Riska Zulfira/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Harga daging sapi pada hari pertama Meugang jelang bulan Ramadhan 1444 Hijriah mengalami kenaikan menjadi Rp170 ribu di Pasar Induk Lambaro, Kabupaten Aceh Besar.

Amatan popularitas.com, Selasa (21/3/2023), pedagang dan pembeli memadati Pasar Induk Lambaro sejak jam 09.00 WIB. Sejumlah lapak pedagang daging tersebar sebelum memasuki kawasan pasar.

Salah satu penjual daging di Pasar Lambaro, Aceh Besar, Safwan mengatakan harga tersebut berdasarkan kualitas dagingnya. Sementara untuk kualitas nomor dua tembus Rp150 per kilogram.

“Untuk daging yang nomor satu Rp170 ribu, itu sapi Aceh. Sementara untuk kualitas nomor dua seharga Rp150 perkilogram, lalu untuk tulangnya dijual Rp80ribu,” kata Safwan, Selasa (21/3/2023)

Kenaikan harga tersebut, lanjut Safwan telah terjadi sejak tiga hari yang lalu. Dimana sebelumnya dijual dengan harga Rp150 ribu untuk daging nomor satu.

Menurutnya kenaikan harga itu dipicu karena harga ternak juga naik, sehingga pihaknya tetap harus menaikkan harga daging.

“Tiap tahunnya harga daging memang naik, karena kita beli sapinya mahal daging yang dijual juga mahal,” ujarnya.

Meski mengalami kenaikan, kata Safwan, minat masyarakat Aceh Besar untuk membeli daging tetap ada. Minat ini diperkirakan terus meningkat pada hari puasa nantinya.

Hanya saja, jika dibandingkan dengan Meugang sebelumnya, daya beli masyarakat sedikit menurun.

“Kami hari ini sembelih empat ekor sapi, Inshaallah habis hari ini, tapi sampo saat ini saya lihat pembelinya agak kurang, bisanya kalau waktu siang pembelinya lebih berdesak-desakan dari ini,” imbuhnya.

Hal serupa juga dikatakan Safrizal, ia menyampaikan ia menjual daging mulai dari Rp170 hingga Rp180 ribu perkilogram. Harga itu relatif stabil jika dibandingkan dengan harga tiap memperingati tradisi Meugang.

Menurutnya daya beli masyarakat akan meningkat pada hari Meugang kedua. Bahkan kemungkinan harganya juga akan mengalami penurunan.

“Wajar jika hari ini tidak ramai, karena seminggu belakangan sudah ramai. Kemungkinan besar Meugang kedua akan lebih ramai,” kata Safrizal.

Sementara itu, salah satu pembeli, Suryati mengatakan tradisi membeli daging dua hari jelang puasa Ramadhan tidak pernah ia tinggalkan. Bahkan ia mengaku akan tetap membeli daging walaupun harganya tinggi.

“Harga ini menurut saya tidak terlalu mahal, memang tiap Meugang harganya perkiraan segitu. Hari ini saya beli lima kilo untuk persiapan untuk bulan puasa juga,” jelasnya.

Untuk informasi, pada Meugang pertama, harga daging di pasar Almahirah, Lamdingin kota Banda Aceh tembus Rp180 ribu perkilogram.

Foto

Daging yang dijajakan di pasar Induk Lambaro, Aceh Besar, Selasa (21/3/2023).

 

Shares: