News

Mobil PCR Aceh Belum Beroperasi, Jubir: Masih Uji Coba

Mobil Swab PCR di Aceh Beroperasi Pekan Depan
Dokumen - Pekerja memasang berbagai kelengkapan dan peralatan medis di dalam mobil PCR keliling di Banda Aceh, Sabtu (5/9/2020) ANTARA/Ampelsa

POPULARITAS.COM – Untuk meningkatkan pemeriksaan swab, Pemerintah Aceh sudah mendatangkan dua unit mobil polymerase chain reaction (PCR) yang mampu melakukan uji swab hingga 750 sampel per hari.

Namun, mobil PCR itu hingga kini belum beroperasi. Jubir Satgas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan, mobil PCR tersebut masih dalam tahap uji coba dan belum dilakukan pemeriksaan secara maksimal.

Diperkirakan, mobil lab PCR itu akan dioperasikan secara penuh dua pekan lagi. “Mobil PCR masih tahap uji coba, akan beroperasi secara penuh dua pekan lagi,” ujar Saifullah saat dikonfirmasi, Rabu (23/9/2020).

Diketahui, Aceh saat ini baru melakukan tes swab kepada 12.773 warga dari bulan Maret 2020 lalu. Dari jumlah itu, secara kumulatif 3.784 terkonfirmasi positif virus corona.

Jumlah tersebut masih belum memenuhi rasio standar yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bila membandingkan dengan jumlah penduduk Aceh sebanyak 5 juta jiwa.

Namun, Saifullah enggan menyebut angka berapa lagi jumlah sample swab diperiksa, untuk memenuhi rasio standar WHO dan Kemenkes. “Itu tekhnis sekali, harus sama orang surveilans atu Dinkes,”

“Pemeriksaan spesimen swab terus ditingkatkan, hingga memenuhi standar yang ditetapkan WHO dan Kementerian Kesehatan,” ujar Saifullah.

Reporter: dani

Shares: