HeadlineSyariat Islam

MPU Aceh imbau warga tak beli kurma Israel saat ramadhan, haram hukumnya

MPU Aceh imbau warga tak beli kurma Israel saat ramadhan, haram hukumnya
Salah satu jenis kurma asal Israel. FOTO : Freepick

POPULARITAS.COM – Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk Faisal Ali, imbau warga provinsi ujung barat Sumatra tersebut, untuk tidak membeli dan mengkonsumsi kurma yang berasal dari Israel atau di produksi negara zionis tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Tgk Faisal Ali dalam keterangannya di Banda Aceh, Senin (4/3/2024). 

Dia menegaskan, hukum membeli kurma yang berasal dari Israel adalah haram, baik produk yang langsung berasal dari negara tersebut ataupun dari afiliasinya. “Saya tegaskan, haram hukumnya beli kurma Israel,” tandasnya.

MPU sendiri, telah membuat seruan berupa larangan untuk membeli dan mengkonsumsi berbagai produk Israel, termasuk kurma dari negara tersebut.

Lem Faisal menyampaikan, tidak membeli produk Israel menjadi bagian dari partisipasi masyarakat Aceh untuk menghindari dosa. Maka, sebelum membeli wajib memastikan makanan tersebut berasal dari mana.”Apalagi untuk berbuka puasa, jangan sampai kita membeli kurma produk Israel,” ujarnya.

MPU Aceh imbau sholat berjamaah kembali rapatkan shaft sebab Covid-19 melandai
Ketua MPU Aceh Tgk Faisal Ali Faisal | Foto: Istimewa

Dirinya menjelaskan, haram membeli produk kurma Israel tersebut pada transaksinya. Bukan masalah dari buah. Artinya bukan kurmanya yang haram, melainkan pemanfaatan hasil keuntungan yang diperoleh.

Lem mencontohkan, ketika masyarakat membeli produk kurma dari Israel, maka hasil dari laba itu atau pajaknya didapatkan oleh Israel, kemudian uang tersebut digunakan untuk menindas warga Palestina. “Kita haram beli barang sama orang yang dipastikan uang yang kita kasih dari barang tersebut digunakan kepada hal-hal yang dilarang dalam agama,” katanya.

Maka dari itu, dirinya berharap kepada masyarakat yang ingin menikmati kurma saat Ramadan nanti benar-benar mencari informasi terlebih dahulu apa saja produk kurma dari Israel, sehingga tidak salah membeli. “Makanya kita mengajak masyarakat muslim wajib memastikan, mencari informasi, jangan sampai membeli kurma dari Israel,” demikian Lem Faisal.

Shares: