News

Muhammad Iswanto pimpin apel siaga antisipasi Karhutla di Aceh Besar

Muhammad Iswanto pimpin apel siaga antisipasi Karhutla di Aceh Besar
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto saat meninjau pasukan dalam apel kesiapsiagaan antisipasi bencana Karhutla di Aceh Besar, Kamis (16/6/2023). FOTO : MC Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, Kamis (15/6/2023), pimpin upacara apel siaga kesiapan antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah itu. Acara yang diikuti oleh unsur TNI dan Polri, SAR, dinas sosial, dan BPBA itu dilangsungkan di Lapangan Sepakbola Gampong Meunasah Mon, Masjid Raya.

Dalam acara itu, Pj Muhammad Iswanto ingatkan semua pihak tentang pentingnya kesiapsiagaan seluruh personil dalam hadapi resiko Karhutla. Apel ini juga sebagai bentuk pembekalan seluruh unsur untuk mitigasi bencana kebakaran.

Ia juga ingatkan bahwa, mitigasi bencana Karhutla tidak bisa dibebankan hanya kepada pemerintah daerah semata. Namun, hal tersebut harus jadi tanggungjawab semua pihak. Oleh karna itu, tambahnya, semua unsur, baik pemerintah, masyarakat dan organisasi non pemerintah harus bersinergi.

Dia menerangkan, sesuai dengan amanat Presiden RI Joko Widodo, penanggulangan bencana harus berorientasi pada pencegahan dengan pengarusutamaan pengurangan resiko bencana. Karna itu, menumbuhkan budaya sadar bencana harus dimulai dari diri sendiri, keluarga, komunitas, sekolah, hingga lingkungan masyarakat.

Selain itu, jelasnya, Presiden juga meminta penanggulangan bencana harus dilakukan dengan pendekatan kolaboratif pentahelik yaitu kolaborasi antara unsur pemerintah, akademisi dan peneliti, dunia usaha, masyarakat serta media masa, untuk dapat menyampaikan pemberitaan kepada publik. 

Dari beberapa arahan Presiden tersebut dapat disimpulkan bahwa penanggulangan bencana menjadi perhatian serius pemerintah. Untuk itu melalui Kegiatan Apel Kesiapsiagaan Penangulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan ini diharapkan partisipasi dari seluruh elemen baik itu pemerintah, masyarakat dunia usaha, akademisi dan media dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar

“Kita harus bekerja sama dan mengambil peran dalam usaha penanggulangan bencana dan penanganan setiap kejadian bencana, sesuai dengan porsi tugas kita masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, kepada awak media Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Dr Ir Ilyas MP, menyampaikan, acara apel siaga merupakan Instruksi presiden dalam penanganan bencana karhutla. Maka, untuk semua Kabupaten/kota di Aceh harus melaksanakan kegiatan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana. “Nah ini membuktikan, bahwa penanganan bencana tidak hanya Kabupaten, tidak hanya BPBD. Tapi, kita mengelar secara pentahelik antara unsur pemerintah, TNI/ Polri, akademisi dan peneliti, dunia usaha, masyarakat serta media masa,” katanya 

Ia juga berharap kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, dalam hal ini untuk pencegahan agar tidak terjadi karhutla. “Mudah-mudahan kejadian karhutla di Aceh secara keseluruhan dan perlahan bisa kita minimalkan,” harapnya.

Shares: