News

Mulai hari ini, Seksi Baitussalam tol Sibanceh dibuka secara gratis

Gerbang tol Baitussalam ruas tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) seksi 6 Kuta Baro-Baitussalam, Aceh Besar, Aceh, Senin (10/4/2023). ANTARA/Khalis Surry

POPULARITAS.COM – PT Hutama Karya (Persero) mengatakan seksi 5 dan 6 ruas tol Sigli – Banda Aceh (Sibanceh), Sabtu (15/4/2023), mulai dibuka secara fungsional untuk melayani pemudik Idul Fitri 1444 Hijriah, tanpa dikenakan tarif atau gratis.

“Ruas fungsional dapat dilalui oleh pemudik pada 15-30 April 2023 pukul 07.00-17.00 WIB dengan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam,” kata Kepala Cabang Tol Sibanceh Hutama Karya Totok Masyadi, dikutip dari laman Antara, Sabtu (15/4/2023).

Totok menjelaskan dalam menghadapi arus mudik Lebaran, pihaknya memastikan ruas tol Sigli – Banda Aceh seksi 2, 3, dan 4 (Seulimeum – Blang Bintang) yang merupakan ruas sudah beroperasi bisa dilalui sepanjang 35,8 kilometer.

Sementara, seksi 5 dan 6 (Blang Bintang – Baitussalam) ruas fungsional sepanjang 12,7 kilometer juga telah siap untuk dilintasi selama periode arus pemudik dan balik Lebaran tersebut.

Menurut Totok, ruas fungsional Blang Bintang – Baitussalam tersebut belum dikenakan tarif alias gratis, akan tetapi pengguna jalan tetap menggunakan kartu e-tol.

“Pengenaan tarif hanya pada ruas operasi di seksi 2,3 dan 4 yaitu Seulimeum – Blang Bintang,” ujarnya.

Ia menambahkan, Hutama Karya telah siaga dalam persiapan berbagai aspek yang ada di jalan tol mulai dari peningkatan kualitas jalan tol, keamanan, operasional, transaksi maupun strategi anti-macet saat akan terjadi lonjakan kepadatan yang signifikan.

“Sehingga pemudik tidak perlu khawatir untuk memilih jalan tol ruas Sigli – Banda Aceh sebagai alternatif jalur mudik,” ujarnya.

Shares: