News

Musim hujan di Aceh hingga 2023

Sejak awal Desember 2022, hujan deras disertai petir dan angin kencang landa wilayah Aceh. Akibatnya, banyak aktivitas masyarakat terganggu, dan bahkan tak sedikit nelayan yang tak bisa mencari ikan.
Info cuaca hari ini : Aceh akan dilanda hujan lebat
Ilustrasi - Hujan. (ANTARA/HO-Sutterstock).

POPULARITAS.COM – Sejak awal Desember 2022, hujan deras disertai petir dan angin kencang landa wilayah Aceh. Akibatnya, banyak aktivitas masyarakat terganggu, dan bahkan tak sedikit nelayan yang tak bisa mencari ikan.

Menurut prakiraan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh, hujan masih akan terus terjadi di daerah ini, dan di prediksi akan berlangsung hingga awal Januari 2023 mendatang.

Kepala Seksi Data, dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda, Zakaria, dalam keterangannya, Kamis (15/12/2022) mengatakan, saat ini, Aceh memang tengah masuki peralihan dari musim hujan ke kemarau.

Karena itu, sambungnya, hujan deras disertai angin kencang, dan petir masih akan terjadi di daerah ini hingga beberapa pekan kedepan, dan bahkan baru akan berakhir di awal Januari 2022 nanti.

Untuk itu, Zakaria menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap bencana banjir, longsor serta angin kencang yang rawan terjadi.

Apalagi, katanya bagi penduduk yang berada di dataran tinggi untuk tetap waspada serta bagi masyarakat yang berada di sekitar bantaran sungai.

Sementara, untuk daerah dengan tekanan rendah membentuk daerah pertemuan dan konvergensi kecepatan angin. Sehingga kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan. Oleh karenanya daerah yang rendah juga harus diwaspadai.  “Apabila hujannya terlalu deras dapat memicu meluapnya air sungai, dan itu harus diwaspadai. Lalu juga masyarakat juga harus menjaga kebersihan,” pintanya.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: