NewsPolitik

NasDem Utamakan Kader pada Pilkada Mendatang

NasDem Utamakan Kader pada Pilkada Mendatang
Zaini Djalil. (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

– Ketua DPW Partai NasDem Aceh, Zaini Djalil mengatakan bahwa partai yang ia pimpin tetap mengutamakan kader sendiri pada Pilkada mendatang. Oleh karena itu, para kader diminta untuk mempersiapkan diri.

“Kader harus mempersiapkan diri, teknis bagaimana pencalonan ini harus menunggu proses (apakah 2022 atau 2023). Kita tetap mengutamakan kader, tapi kader juga harus mempersiapkan diri,” kata Zaini Djalil usai membuka rapat koordinasi wilayah Partai NasDem di Banda Aceh, Jumat (18/12/2020) sore.

Kata Zaini, pada Pilkada mendatang, NasDem juga tak tertutup kemungkinan bakal membuka peluang kepada sosok di luar kader yang akan maju melalui partai besutan Surya Paloh itu.

Yang jelas, katanya, dalam proses pencalonan, NasDem tetap mempertahankan komitmen pada Pilkada 2017 lalu, yaitu menerima para calon tanpa mahar.

“Kalau berkaitan dengan kader Pilkada, bahwa NasDem ini tetap tanpa mahar, dulu kita tanpa mahar, sekarang kita pertahankan,” tutur Zaini.

“Kader juga harus mempersiapkan diri, untuk mencalonkan diri, tetapi bukan karena kader secara otomatis akan kita usung, bagaimanan ketentuan kita, survei elektabilitas ini akan menentukan ketika partai ini mengusung,” tambahnya.

Menurut Zaini, para kader memiliki waktu yang panjang dalam mempersiapkan diri. Apalagi, pelaksanaan Pilkada untuk memilih gubernur, bupati dan wali kota belum tentu akan dilaksanakan pada 2022 mendatang.

“Saya kira waktunya masih panjang, pemerintah daerah belum memastikan kapan Pilkada pastinya, kalau dilaksanakan 2022, maka Februari sudah harus mulai dilakukan tahapan, hari ini belum ada putusan tentang itu. Kalau saya melihat lebih dekat ke 2023, oleh karenanya saya katakan tadi 2022 kita siap, 2023 apa lagi, kita akan lebih siap,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Zaini juga menyebutkan, rakorwil tersebut digelar untuk melakukan refleksi di antaranya penguatan struktur partai di semua tingkatan, serta relasi komunikasi dan koordinasi politik secara bertingkat di internal dan eksternal partai.

Selain itu, kata Zaini, kegiatan tersbeut juga melakukan pembahasan kondisi perpolitikan terkini di Aceh, serta persiapan Partai NasDem dalam menghadapi Pilkada ke depan.

“Saya berharal dari Rakorwil ini akan melahirkan beberapa rekomendasi politik yang bersifat strategis nantinya,” ucap Zaini. []

Editor: Acal

Shares: