ODGJ di Pidie sebanyak 2.508 jiwa

POPULARITAS.COM – Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (DK-KB) Kabupaten Pidie, mencatat, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di daerah setempat, mencapai 2.508 jiwa.

Warga Kabupaten Pidie yang mengalami gangguan kejiwaan tersebut, terbagi dalam dalam tiga katagori. Meliputi, ODGJ bantuan, ODGJ tergantung dan ODGJ Mandiri

Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (DKKB) Pidie, dr Arika menyebutkan, ODGJ dengan katagori bantuan, atau orang yang masih mengalami gangguan kejiwaan, hanya saja sudah mampu melaksanakan berbagai macam kegiatan dengan catatan tetap harus dibantu orang lain sebanyak 747 jiwa.

Kemudian, ODGJ tergantung atau penderita belum mampu melaksanakan sesuatu oleh diri sendiri, sehingga segala sesuatu harus sepenuhnya dibantu oleh orang lain berjumlah 430 jiwa.

Seterusnya, katagori mandiri, merupakan ODGJ yang dinyatakan sudah sembuh secara klinis.

Di mana ODGJ mandiri itu sudah bisa melakukan segala aktifitas secara mandiri tanpa perlu bantuan orang lain, dengan catatan rutin mengonsumsi obat-obatan.

“Orang seperti ini sudah sembuh secara klinis. Tapi kalau masyarakatnya masih mendiskriminasi atau masih ada stigma, atau keluarganya tidak menghiraukannya. Sewaktu-waktu dia masih bisa kambuh,” paparnya.

“Namun kalau masyarakat serta keluarga sepenuhnya memberi dukungan, maka besar kemungkinan selamanya dia tidak akan kambuh lagi.” Selain, ODGJ yang hingga kini masih dalam perawatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tgk Chik Ditiro berjumlah 21 jiwa, demikian dr Arika menjelaskan.

 

Editor : Hendro Saky

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.