Wartawan popularitas.com terpilih sebagai peserta program FJP 2022

POPULARITAS.COM – Rizkita, wartawan popularitas.com, terpilih sebagai salah satu peserta program Fellowship Jurnalisme Pendidikan (FPJ) angkatan 4 tahun 2022. Kegiatan itu diselenggarakan Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) bekerjasama dengan PT Paragon Technology and Information.

Rizkita terpilih bersama 14 wartawan lainnya dari seluruh Indonesia, yakni Darmawan, Harian Sumut Pos, Medan, Sumatera Utara. Devy Ernis, Tempo.co, Jakarta. Retno Dyah Agustina, Jawa Pos, Surabaya, Jawa Timur.

Selanjutnya, Eka Patriani, Prabumulih Pos, Prabumulih, Sumatera Selatan. Hermiana Effendi, Serayu News, Cilacap, Jawa Tengah. Mirza, Tangerang Online, Kota Tangerang, Banten. Moh. Zainal Saini, Pojok6.co.id, Gorontalo. Rasudin Sihotang, Waspada Online, Medan, Sumatera Utara. 10. Taufik, Marajanews.id, Nunukan, Kalimantan Utara. Yunisma, Topsatu.com/Singgalang, Padang, Sumatera Barat. Fachri Septian, tvMu, Jakarta. Kristina, Detik.com, Jakarta Moh Ulul Azmi, Tugumalang.id, Malang, Jawa Timur dan juga Jejep Falahul Alam, Harian Kabar Cirebon, Cirebon, Jawa Barat.

Mereka yang terpilih itu bekerja sebagai wartawan media cetak, televisi, dan situs berita siber (online). Berdasarkan informasi dari tim seleksi pimpinan Nurcholis MA Basyari yang juga Direktur Pelaksana GWPP, 15 wartawan tersebut terpilih diantara 80 wartawan yang mendaftar program FJP GWPP. 

“Secara khusus kita mengapresiasi PT Paragon Technology and Innovation yang konsisten dan kontinyu mendukung penyelenggaraan FJP GWPP sejak angkatan pertama. Raksasa kosmetik produsen Wardah, Make Over, Emina, dan Kahf ini memang dikenal sebagai korporasi yang sangat peduli terhadap pendidikan,” kata Nurcholis MA Basyari, Sabtu (19/2/2022). 

Para peserta dijadwalkan mengikuti program FJP batch IV pada Senin 21 Februari 2022 hingga Mei 2022 mendatang. Serupa dengan tiga angkatan sebelumnya. Tak hanya itu 15 wartawan nantinya akan mendapatkan tunjangan beasiswa selama mengikuti Fellowship. 

“Insyaa Allah akan berlangsung hingga Mei 2022. kami memang membatasi jumlah peserta per angkatan hanya 15 wartawan atau media selama mengikuti Fellowship,” sebut Nurcholis yang pada awal 2022 ini menerima Anugerah Diktiristek 2021 sebagai Insan Jurnalistik Terinspiratif Bidang Pendidikan.

Nurcholis menjelaskan kegiatan FJP GWPP mencakup tiga aspek, yakni pelatihan, praktik, dan pendampingan (coaching & mentoring). Seluruh kegiatan pelatihan berlangsung secara online alias dalam jaringan (daring) menggunakan aplikasi zoom.  

“Para peserta harus tetap aktif menjalankan tugas-tugas jurnalistiknya di media masing-masing. Jadi, mereka tetap produktif selama mengikuti program FJP GWPP,”

Selama mengikuti program FJP GWPP ini, para peserta mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari para mentor dan narasumber yang berkompetensi dan punya pengalaman panjang sebagai praktisi media dan pengajaran di bidang jurnalistik. Lima wartawan senior yang akan menjadi mentor para peserta yaitu Nurcholis, M Nasir, Haryo Prasetyo, dan Frans Surdiasis, dan Tri Juli Sukaryana.

Dan juga peserta nantinya berkesempatan berinteraksi dengan para fasilitator berpengalaman dan para pemangku kepentingan penopang ekosistem pendidikan, baik pada tataran kebijakan, jajaran akademik, maupun praktisi di berbagai tingkatan.

“Selain mendapatkan materi pelatihan tentang jurnalistik, para peserta FJP GWPP juga akan mendapatkan pengayaan materi tentang pendidikan dari para narasumber berkompeten di bidangnya. Materi pelathan jurnalistik mencakup aspek ketrampilan, pengetahuan, dan kesadaran etika-hukum pers,” ujar Nurcholis yang juga Asesor Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

 

Editor : Hendro Saky

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.