HeadlineNews

Ombudsman Sorot Pelayanan PDAM Tirta Daroy

Wali Kota Jamin Pasokan Air Bersih Selama Ramadan di Banda Aceh
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman meninjau sistem pengolahan air bersih di Water Treatment Plant milik PDAM Tirta Daroy di Lambaro Aceh Besar, Kamis (23/4/2020). Foto Doc Humas Kota Banda Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pelayanan PDAM Tirta Daroy Banda Aceh menjadi sorotan oleh lembaga Ombudsman RI perwakilan Aceh. Sebab, banyak warga yang mengeluhkan soal seringnya air PDAM macet.

Dalam diskusi daring via aplikasi zoom itu, banyak keluhan yang didengar pihaknya dari masyarakat terkait kurangnya suplai air bersih ke warga.

“Namun kami dari Ombudsman belum menerima keluhan tersebut secara langsung ke kantor kami,” kata Taqwaddin melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 12 Mei 2020.

Oleh karena itu, pihaknya membuka ruang kepada masyarakat Kota Banda Aceh untuk menyampaikan saran dan masukan yang konstruktif untuk pelayanan PDAM ke depan yang lebih baik.

Direktur PDAM T. Aiyub menyampaikan, saat ini setiap keluhan yang disampaikan oleh warga langsung ditanggapi secara cepat oleh pihaknya. Sehingga langsung terselesaikan. Namun, ia mengakui masih banyak kekurangan dalam pelayanan selama ini.

Sebab, instalasi yang digunakan oleh PDMA Tirta Daroy ialah 70 persennya masih instalasi dasar tahun 1975 yang dimana pipanya berukuran kecil. Sehingga proses air lambat dan itu diperparah banyaknya kebocoran pipa di jalanan.

“Jadinya rebutan air dan daerah yang jauh airnya tidak kesampaian, seperti Lampineung, Lampulo, Meuraxa debit airnya jadi kurang” kata T. Aiyub.

Ia menyampaikan, PDAM juga sangat bergantung pada PLN. Jika listrik padam, maka proses distribusi air juga terhenti.

“Namun demikian, saat ini PDAM Tirta Daroy Banda Aceh masuk dalam kategori PDAM sehat di Aceh selain Aceh Besar, Bireuen, dan Aceh Tengah,” ujarnya. (dani)

Shares: