News

Omzet pedagang kue di Banda Aceh meningkat menjelang Idulfitri 1444 H

Pedagang kue kering di Pasar Aceh saat merapikan barang dagangannya, di Banda Aceh, Selasa (18/4/2023). (ANTARA/Nurul Hasanah)

POPULARITAS.COM – Omzet pedagang kue di kawasan Pasar Aceh Kota Banda Aceh mengalami peningkatan dua kali lipat menjelang Idulfitri 1444 Hijriah.

“Menjelang lebaran ini bisa dapat omzet hingga Rp3 juta lebih banyak, dua kali lipat dibandingkan hari biasa,” kata pedagang kue kering di Pasar Aceh, Wikani Fuzi, dikutip dari laman Antara, Kamis (20/4/2023).

Ia menyampaikan lapak dagangannya mulai ramai didatangi pembeli sejak awal Ramadhan. Kebanyakan pembeli mencari kue kering untuk disajikan bagi tamu yang datang bersilaturahmi saat hari raya nanti.

“Kue kering yang paling banyak dicari seperti lontong paris, bangkit susu, putri salju, dan jenis kacang-kacangan. Masing-masing kue tersebut dijual Rp25 ribu per cup kecil dan Rp50 ribu per cup besar,” ujarnya.

Sementara itu, rumah produksi WIN milik Erwina yang menjual berbagai jenis kue kering sekaligus pemasok kue lebaran di Pasar Aceh menyampaikan tahun ini produksi kue keringnya lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

“Alhamdulillah tahun ini kami memproduksi lebih dari 2.000 cup sedangkan tahun kemarin cuma 1.500 cup,” katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar, kata dia, setiap harinya rumah produksi yang berada di Lhoknga tersebut memproduksi sekitar 150 toples beragam kue kering seperti nastar, lontong paris, sagon, malinda, putri salju dan lainnya.

Masing-masing kue kering yang dijajakan di rumah produksi kue WIN itu dijual Rp45 ribu per dan hingga Rp95 ribu per toples.

“Kue kami titipkan ke toko dan jenis kue nastar dengan selai nanas yang paling banyak peminatnya,” demikian Erwina.

Shares: