Organda Aceh resmi naikkan tarif angkutan umum hingga 25 persen

POPULARITAS.COM – Organisasi Angkutan Darat (Organda) Aceh telah resmi menaikkan tarif angkutan umum di daerah ujung barat Sumatra itu hingga 25 persen pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Ketua Organda Aceh, Ramli saat dikonfirmasi popularitas.com, Selasa (13/9/2022), mengatakan, kenaikan itu resmi ditetapkan pada Senin, 12 September 2022 berdasarkan hasil rapat dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organda kabupaten/kota yang dilakukan, Sabtu (10/9/2022) lalu.

“Iya benar, jadi pada tanggal 3 September saya perintahkan sekretaris untuk memberikan undangan kepada ketua DPC kabupaten/kota untuk membantu dan pada hari Sabtu kemarin kita sudah melakukan rapat di kantor Organda Aceh untuk kita kesepakati kenaikan tersebut,” kata Ramli.

Menurut Ramli, ada beberapa pengusaha angkutan umum yang mengusulkan kenaikan hingga 32 persen dan 35 persen, hal itu lantaran kenaikan BBM juga tembus 32 persen.

“Tetapi saya sampaikan kepada mereka jangan memikirkan ke situ, kasihan masyarakat, karena ini mempengaruhi ekonomi nanti tidak ada penumpang, akhirnya kita memutuskan mengambil 25 persen,” tambahnya.

Namun, terkait list tarif angkutan, kata Ramli, pihaknya sedang menyesuaikan data dan akan menginfokan selanjutnya tarif angkutan yang telah disesuaikan nantinya.

“Nanti untuk list-nya akan kami infokan kembali, tetapi pihak terminal sudah tau,” kata Ramli.

Sementara, Pemilik Loket PT Mentari Tour Utama, di Terminal Tipe A, Batoh, Banda Aceh, Andi mengatakan dirinya belum menaikan tarif sesuai imbauan Organda Aceh, namun pihaknya hanya menaikkan sesuai dengan kesepakatan sesama pemilik loket.

“Kesepakatan kami disini, ka rena BBM naik. Untuk jalur Banda Aceh-Blangpidie yang sebelumnya Rp 120 ribu kini kami naikkan jadi Rp 140 ribu,” kata Andi. []

Comments
Loading...