News

Otto, Gajah Jinak Ditemukan Mati di CRU Cot Girek

Otto, Gajah Jinak Ditemukan Mati di CRU Cot Girek
Otto, gajah jinak jenis kelamin jantan yang kerap diajak menghalau gajah liar ditemukan mati di kawasan CRU Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (27/12/2020).

POPULARITAS.COM – Otto, gajah jinak jenis kelamin jantan yang kerap diajak menghalau gajah liar ditemukan mati di kawasan CRU Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (27/12/2020).

“Ini merupakan kabar menyedihkan bagi kita, di pengujung tahun 2020, kita mendapatkan kabar gajah jinak Otto mati,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh, Agus Arianto dalam siaran persnya, Jumat sore (1/1/2021).

Kata Agus, satu hari sebelum mati, kondisi Otto sempat terpantau dalam keadaan sudah lemas. Otto juga kurang nafsu makan dan diare. Melihat hal itu Mahout meminta dilakukan penanganan medis terhadap Otto. Namun sekitar Sabtu sekitar pukul 18.00 WIB Otto mati tidak bisa diselamatkan.

Pada hari yang sama tim medis dari BKSDA Aceh dan PKSL Unsyiah bergerak dari Banda Aceh menuju Cot Girek, sesampainya lalu tim berkoordinasi dengan Polsek Cot Girek perihal kematian gajah jinak Otto.

Pada tanggal 28-12-2020 sekitar jam 08.00 WIB tim medis BKSDA dan PKSL Unsyiah yang turut disaksikan oleh Polsek Cot Girek dan staf CRU Cot Girek melakukan otopsi terhadap bangkai gajah Otto.

Dari hasil otopsi, tim medis menemukan adanya perubahan warna di bagian usus yaitu menghitam dan mendapatkan manifestasi endoparasite.

Selanjutnya tim medis juga mengambil beberapa sampel berupa jantung, hati, paru -paru, limpa, usus, feses, lidah untuk dikirimkan ke Laboratorium Forensik Mabes Polri untuk mendapatkan hasil selanjutnya.

Sedangkan sepasang gading dari gajah tersebut setelah melengkapi proses administrasi di Polsek Cot Girek, dibawa ke kantor BKSDA Aceh.

“Ini merupakan kabar yang menyedihkan bagi kita, dimana dalam penghujung tahun 2020, kita mendapati kabar gajah jinak Otto mati, selamat jalan gajah Otto, jasa-jasanya dalam melakukan penanganan konflik akan selalu dikenang oleh kami semua,” pungkasnya.[]

Editor: Acal

Shares: