News

Paceklik Ikan di Pijay Diperkirakan Berakhir Pada Februari

Paceklik Ikan di Pijay Diperkirakan Berakhir Pada Februari
Pedagang ikan di Pasar di Pidie Jaya. (popularitas/Nurzahri)

POPULARITAS.COM – Panglima Laot Kuala Lhok Pante Raja, Kabupaten Pidie Jaya, Yusri Yusuf memprediksi paceklik ikan akibat cuaca buruk akan berakhir saat memasuki musim Angin Timur.

Pasalnya, kelangkaan ikan yang terjadi sejak Desember 2020 hingga Januari 2021 yang berujung melambungnya harga ikan segar tersebut, disebakan faktor cuaca buruk dampak dari musim angin barat.

“Kebiasaannya sekitar Februari, ikan sudah kembali normal, karena kalau dalam istilah orang melaut, saat masuk musim timur hasil tangkapan ikan nelayan sudah kembali normal saat musim angin timur,” kata Panglima Laot Pante Raja, Yusri Yusuf, Senin (25/1/2021).

Dalam mengarungi lautan untuk mencari ikan, para nelayan dihadapkan dengan dua musim, musim Angin Timur dan musim Angin Barat.

Di mana saat musim Angin Barat tiba, perkiraan waktu Juli hingga Desember, tangkapan ikan para nelayan akan berkurang pesat, disebabkan faktor cuaca buruk, tak anyal, banyak nelayan memilih urung melaut.

Sedangkan musim Angin Timur atau cuaca dalam keadaan normal di mulai terhitung Januari hinga Juni, namun ikan hasil tangkapan nelayan baru stabil pasca musim barat tersebut pada Februari.

“Kalau musim Timur biasanya ikan dilaut banyak, sehingga tangkapan nelayan juga banyak,” ungkapnya.

Meski begitu, prediksi kondisi ikan akan kembali stabil pada Februari kembali normal. Namun hal itu belum sepenuhnya bisa dipastikan disebabkan faktor perubahan iklim.

Editor: dani

Shares: